F1 H20 Toba 2023 Dongkrak Pariwisata, Tumbuhkan Bisnis UMKM 

24 Januari 2023, 22:50:48 WIB

JawaPos.com – Indonesia kembali akan menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional bergengsi. Kali ini, Danau Toba bakal menjadi tempat ajang balapan bergengsi F1 Powerboat World Championship atau F1 H20 Toba 2023.

Ajang balap super cepat di atas air ini diyakini mendongkrak sektor pariwisata Indonesia di mata dunia serta menggairahkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan arahan Presiden Jokowi setelah Indonesia dilanda pandemi Covid-19, harus ada upaya-upaya untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi.

Baca juga:

“Salah satunya melalui kegiatan-kegiatan pariwisata dan desain olahraga seperti F1 H20 ini,” kata Zainudin Amali, Selasa (24/1/2023).

Dia berharap mulai dari masyarakat, tokoh-tokoh agama dan adat, hingga semua elemen yang ada di wilayah Danau Toba turut membantu dan menyuseskan ajang internasional yang akan di diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023 tersebut.

“Ratusan negara akan menyaksikan kegiatan ini. Dengan banyaknya kegiatan-kegiatan olahraga internasional tentu akan turut meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia,  sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, ” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut Menpora secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang turut masif membantu sosialisasi F1 H2O Toba 2023.

“Terima kasih kepada Kemkominfo yang telah membantu menyebarluaskan informasi kegiatan F1 H2O kepada masyarakat khususnya kepada teman-teman media dan jurnalis internasional,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong memastikan jika fasilitas komunikasi khususnya jaringan internet saat gelaran F1 H20 Toba 2023 setara dengan fasilitas yang disiapkan pada MotoGP Mandalika 2022 lalu.

“Kominfo sudah berkoordinasi dengan operator seluler misalnya Telkom dan Telkomsel serta yang lain-lain agar komunikasi dalam penyelenggaraan F1 Powerboat ini lancar, sebagaimana fasilitas komunikasi yang kita siapkan ketika MotoGP Mandalika pada 2022,” ujar Usman.

Penyediaan infrastruktur komunikasi akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI). Sementara terkait komunikasi publik, akan dilakukan oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

Dengan penyiapan infrastruktur telekomunikasi ini, awak media baik lokal, nasional, dan luar negeri yang hadir meliput bisa nyaman dan lancar dalam bekerja, khususnya ketika mengirim video, gambar hingga berita ke kantor atau negara masing-masing.

“Kita mendapatkan pujian karena kapasitas internet ini 5G (pada MotoGP Mandalika 2022), sehingga mereka cepat sekali saat mengirimkan gambar-gambar ke negara masing-masing,” ujar Usman.

Penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023, selain menjadi agenda balap dunia lebih penting lagi adalah mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Mendukung yang disampaikan Menpora, Usman pun menegaskan jika penyelenggaraan akan turut kembali mendorong bangkitnya UMKM, khususnya yang ada di sekitar Danau Toba.

Danau Toba Sumatera Utara pada ajang F1 H20 Toba 2023 diyakini akan menjadi tujuan kunjungan jutaan wisatawan.  Pemerintah menargetkan 1,3 juta perjalanan akan menuju ke Danau Toba, nasional maupun internasional.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads