alexametrics

Tim SAR Temukan Satu Korban Hilang di Kabupaten Malang

23 Desember 2021, 13:14:44 WIB

JawaPos.com–Tim SAR gabungan menemukan Sih Mianti, 79, di aliran sungai Dusun Rowotrate, Desa Sitiarto, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada Kamis (23/12), sekitar pukul 08.10 WIB.

Komandan Tim Operasi Kantor SAR Surabaya Andi Pamuji mengatakan, Mianti ditemukan sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian hilangnya korban. ”Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya tim SAR gabungan membawa jenazah korban ke rumah duka dan menyerahkannya kepada pihak keluarga,” tutur Andi.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban, lanjut Andi, sebanyak tiga SRU air telah dikerahkan untuk melakukan pencarian di Sungai Rowotrate. SRU air satu dan SRU air dua melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet dan perahu jukung, serta SRU air tiga melakukan pencarian dengan teknik tubing.

”SRU 1 dan SRU dua memulai pencarian dari muara sungai, beriringan di sisi kanan dan kiri sungai menempuh jarak sekitar 6 kilometer menuju ke lokasi kejadian. SRU 1 yang menggunakan perahu karet melakukan manuver di beberapa lokasi yang dicurigai,” terang Andi.

Manuver perahu karet itu dimaksudkan untuk menimbulkan gelombang air sungai yang besar agar benda-benda di dalam sungai dapat terangkat ke permukaan, termasuk korban yang diduga ada di dalam sungai.

Untuk mengoptimalkan upaya pencarian, tim SAR gabungan juga mengerahkan dua SRU lagi untuk melakukan pemantauan di Goa Mas dan melakukan penyisiran darat dari muara sungai kemudian melewati pesisir Pantai Bajulmati hingga sampai di pesisir Pantai Ungapan.

Unsur-unsur SAR yang ikut terlibat dalam pencarian di antaranya tim Kantor SAR Surabaya, Polsek dan Koramil Sumbermanjing Wetan, BPBD Kabupaten Malang, PSR, Pos TNI AL Sendangbiru, Polair Sendangbiru, PMI Kabupaten Malang, MSR, SAR Kanjuruhan, SAR MTA, Tagana, PPMR, Lintamal, Bela Negara, dan potensi SAR lainnya.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads