JawaPos Radar

Antisipasi Kelangkaan, Ratusan Truk Tangki BBM Disiapkan

23/12/2017, 06:11 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Pertamina MOR IV
General Manager Pertamina MOR IV Jateng DIY, Yanuar Budi Hartanto dalam inspeksinya ke TBBM Pengaron. (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jateng DIY memprediksi lonjakan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) saat libur natal dan tahun baru di Jateng dan DIY mencapai 50 persen dibandingkan kebutuhan pada hari-hari biasa.

General Manager Pertamina MOR IV Jateng DIY, Yanuar Budi Hartanto memprediksi lonjakan tersebut akan terjadi dua kali, yakni H-1 Natal, 24 Desember dan H-1 Tahun Baru, 31 Desember 2017.

"Dua hari tersebut biasanya menjadi puncak konsumsi BBM di Jateng dan DIY," ujarnya di sela inspeksi ke TBBM Pengaron, Semarang Jawa Tengah, Jumat (22/12).

Menurutnya lonjakan BBM tersebut terjadi selain adanya libur panjang juga dikarenakan adanya kenaikan konsumsi volume akibat bertambahnya kendaraan di sepanjang jalur Jakarta menuju Semarang.

Dengan lonjakan BBM tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah sebagai pencegahan kekosongan BBM pada sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Salah satunya, yakni dengan menerjunkan 438 truk tangki berisi BBM selama periode Satgas Natal dan Tahun Baru, 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018.

“Total ada 438 truk tangki bermuatan BBM yang akan kita terjunkan. Truk-truk tangki itu bakal diterjunkan untuk memperlancar suplai BBM ke 830 SPBU yang tersebar di kawasan Jawa Tengah dan DIY," jelas Yanuar.

Dari ratusan truk tersebut, 18 diantaranya bakal dipergunakan sebagai SPBU kantong. Yanuar menambahkan, total ada sekitar 55.000 kilo liter (KL) BBM jenis bensin yang disediakan Pertamina setiap harinya selama libur Natal dan Tahun Baru. Jumlah itu 10 persen lebih banyak dibanding konsumsi BBM harian jenis bensin di wilayah Jateng dan DIY.

“Sementara untuk jenis gasoil pasokannya juga kami tambah sekitar 10 persen dari total konsumsi harian sekitar 10.000 sampai 11.000 KL,” imbuh Yanuar.

Oleh karena itu, pihaknya meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya kelangkaan BBM selama libur Natal dan Tahun Baru. Ditambah dengan adanya Posko Satgas di 12 titik, kantor perwakilan di Semarang dan juga TBBM di Jateng dan DIY, Yanuar menjamin pasokan bahan bakar kendaraan jenis apapun akan aman.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up