alexametrics

Meski Punya Istri, Pembunuh Sofyan Dinyatakan Anak di Bawah Umur

23 November 2018, 16:32:31 WIB

JawaPos.com – Salah satu tersangka perampokan disertai pembunuhan berinisial FR, 16, dipastikan masuk peradilan anak. Pasalnya, FR masih dinyatakan sebagai anak dibawah umur meski telah memiliki istri dan anak.

FR terlibat pembunuhan terhadap Sofyan, 43, sopir taksi online di Palembang, Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, secara aturan meski telah memiliki istri dan anak, tersangka dengan usia di bawah 18 tahun dianggap anak di bawah umur.

FR masih berusia 16 tahun sehingga proses hukumnya pun dibedakan dengan dua tersangka lainnya dan masuk dalam proses hukum anak-anak.

“Jadi FR ini akan dilimpahkan ke pengadilan anak sesuai proses hukum di bawah umur,” katanya saat memberikan keterangan pers di Mapolda Sumsel, Jumat (23/11).

Karena itu, pihaknya menyiapkan dua berkas yakni satu berkas untuk FR dan satu berkas untuk dua tersangka yakni Acundra dan Ridwan.

Ia mengaku nantinya keputusan hukuman merupakan ranah majelis hakim. Namun, memang menurutnya jika masih anak-anak sifatnya hanya pembinaan.

Karena dalam hukum anak-anak tidak mematikan masa depannya. Berbeda halnya dengan orang dewasa karena pertanggungjawabannya.

“Kami harap kedepannya orangtua lebih memperhatikan anaknya sehingga tidak terjerumus dalam tindakan yang tidak benar,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya tengah mengejar salah satu tersangka yang masih buron. Tersangka tersebut yakni Akbar. Namun, dirinya enggan menerangkan lebih lanjut pengejaran tersebut. “Pokoknya kami akan kejar terus,” singkat Kapolda.

Sebelumnya, FR dinyatakan telah dewasa karena memiliki istri dan anak meski diusianya 16 tahun. FR diketahui berperan membantu memegangi tangan korban, Sofyan sopir taksi online agar tidak memberontak saat akan dirampok dan dibunuh.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (lim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Meski Punya Istri, Pembunuh Sofyan Dinyatakan Anak di Bawah Umur