JawaPos Radar

UMKM Sumbang Rp 49 T untuk PDRB Kabupaten Malang

23/08/2018, 18:15 WIB | Editor: Budi Warsito
UMKM Sumbang Rp 49 T untuk PDRB Kabupaten Malang
Salah satu produk UMKM di Kabupaten Malang. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempengaruhi pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan, sektor UMKM menyumbang setengah dari Pendapatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Malang. Dimana sektor UMKM menyumbang Rp 49 triliun dari total pendapatan PDRB Malang sebesar Rp 82 triliun.

Bupati Malang, Rendra Kresna, mengatakan, PDRB Kabupaten Malang itu 50 persen kontribusinya dari IKM dan UMKM. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Malang tahun lalu mencapai 5,7 persen.

"Sektor pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah telah memberikan dampak yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat. Sehingga sangat berpengaruh bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat," jelasnya, Kamis (23/8).

Rendra menjelaskan, jumlah UMKM yang eksis berkembang di Kabupaten Malang saat ini mencapai 416 ribu. Ditambah dengan UMKM musiman totalnya bisa mencapai 473 ribu UMKM.

Keberadaan UMKM sangat besar pengaruhnya bagi roda kehidupan perekonomian masyarakat terutama di tingkat desa. "Kami terus memacu, mendorong dan memfasilitasi penggiat UMKM agar terus menghasilkan produk-produk yang berkualitas," tegas dia.

Ditambahkan olehnya, Pemerintah Kabupaten Malang terus mendorong pertumbuhan sektor UMKM ini melalui sosialisasi, pelatihan dan memberikan beragam bantuan sarana dan prasarana untuk pengembangan usaha.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up