alexametrics

Tingkatkan Pelayanan Publik, Ridwan Kamil Canangkan Zona Integritas

23 Agustus 2018, 15:25:38 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota Bandung melakukan penandatanganan fakta integritas pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilyah Birokrat Bersih dan Melayani (WBBM). Adapun disinergikan bersama TNI, Polri, Kejari, dan Pengadilan Negeri Bandung.

Pasalnya, pencangan tersebut merupakan satu gagasan untuk meningkatkan pelayanan publik di Bandung. Bahkan langkah ini sebagai realisasi komitmen Polri dan Kemenpan RB.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan di era ini semua terbentuk perubahan paradigma baru dibkalangan masyarakat. Sehingga pemerintah harus menyokong dan menyesuaikan perkembangan tersebut.

Paslanya, menurut Kang Emil sapaan Ridwan Kamil zaman baru harus diatasi dengan cara baru. Karena dunia ini semakin ekstrim dan kompetitif, sehingga jika mengandalkan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti biasanya akan sulit. Maka harus dibarengi dengan skill atau kemampuan setiap individunya.

“Melihat ini, Bandung berevolusi, harus membangun iklim kompetitif itu,” kata Kang Emil di Mapolrestabes Bandung, Kamis (23/8).

Seperti halnya, kata Kang Emil, sebelum menjabat Bandung menduduki peringkat ke 200 dari 500 Kota di Indonesia. Namun saat ini mampu meraih peringkat 1 di Indonesia. Hal itu karena adanya revolusi dalam peningkatan pelayanan publik di Kota Bandung, dengan cara yang modern atau mengikuti zaman.

Dalam pencanangan itu, Kang Emil menjelaskan, dirinya menata dan membangun Bandung menggunakan teori kebahagiaan. Sehingga teori ini bisa diaplikasikan di setiap instansi di Kota Bandung dalam meningkatkan kinerja dan prestasi ke depannya.

“Teori kebahagiaan bisa dilakukan dengan pendekatan warga Bandung bisa dengan secara kultural, rajin silatuhrahmi pun itu sudah preventif bisa dalam memberikan pelayanan, atau mengkampanyekan dengan cara soft,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkot Bandung memiliki lebih 300 software yang dioperasikan untuk membangun integritas di Kota Bandung. Maka dengan pencanangan ini bersama Kapolrestabes Bandung, Kejari, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri bisa lebih meningkatkan pelayanan publik di Kota Bandung, dengan menyeimbangi zaman dan memanfaatkan teknologi.

“Saat ini semakin berbahaya, perannya informasi baik WA, FB dan medsos lainnya. Saya titip Bandung kondisif dan para polisi jadi canggih, harus jadi keseharian untuk memahami dunia ini yang makin bahaya dengan teknologi,” tuturnya.

Bahkan jika sistem ini berjalan dan berhasil, maka akan menjadi percontohan untuk Jawa Barat.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema mengatakan pencanangan ini bertujuan untuk mempererat solidaritas dan sinergitas. Sehingga pelayanan publik bisa dilakukan secara transparan.

“Jauhkan Korupsi Kolusi Nepotisme, dengan sistem pelayanan yang transparan dan terbuka,” ucapnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (ona/JPC)

Tingkatkan Pelayanan Publik, Ridwan Kamil Canangkan Zona Integritas