JawaPos Radar

Ribuan Warga Miskin Ibu Kota Nikmati Daging Kurban Siap Saji

23/08/2018, 17:48 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ribuan Warga Miskin Ibu Kota Nikmati Daging Kurban Siap Saji
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan proses pemotongan daging kurban yang akan dibagikan kepada warga miskin Ibu Kota. (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hari Raya Idul Adha menjadi momentum untuk berbagi dengan sesama, terutama masyarkat yang tinggal permukiman kumuh dan miskin (kumis). Sebanyak 2.000 orang yang tersebar di tiga rukun warga (RW), Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara merasakan nikmatnya daging kurban pada Kamis (23/8). Daging yang mereka terima tersebut sudah dalam kondisi siap santap.

Penerima daging kurban yakni warga yang tinggal di RW 04, 05, dan 15. Pembagian itu merupakan rangkaian program berbagi ‘Dapur Qurban’ yang diinisiasi Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pembagian itu berlangsung di Lapangan Bola mini Kalibaru III, Cilincing dan dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dia mengatakan, sebetulnya pembagian daging kurban ini tidak hanya untuk tiga RW di Kalisaja tapi 121 RW. Daging yang mereka terima berasal dari 140 sapi yang dibawa langsung dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Nantinya daging siap saji dibagikan di 43 titik.

“Alhamdulillah hari ini Pemprov DKI Jakarta bersama ACT menyelenggarakan ‘Dapur Qurban’ di 121 RW seluruh DKI Jakarta dan akan ada 140 ekor sapi dari Sumbawa bukan dalam bentuk mentah, tapi dalam bentuk siap saji” ujar Anies.

Ribuan Warga Miskin Ibu Kota Nikmati Daging Kurban Siap Saji
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut mengadu daging kurban yang akan dibagikan kepada warga miskin Ibu Kota. (Gobang Mahardhika/JawaPos.com)

Dalam kesempatan itu Anies ikut menyaksikan pengolahan daging kurban menjadi gulai. Bahkan mantan mendikbud itu ikut mengaduk olahan daging di kuali. "Saya pastikan cara memotongnya, proses pemotongannya pun sesuai syariat, sesuai dengan seluruh ketentuan kesehatan”, tegasnya.

GM Komunikasi ACT Lukman Aziz Kurniawan menyebut, pembagian daging siap saji ini bagian dari program dapur qurban. Dipilihnya Jakarta untuk pembagian dapur qurban karena di Ibu Kota terdapat ratusan ribu warga miskin. Ada sebagian dari mereka hanya bisa menikmati daging itu sekali setahun.

"Selama ini warga Jakarta kerap mendapatkan daging kurban, tapi bingung mengolahnya. Kini kita berikan langsung dalam kondisi siap saja, sehingga warga tidak bingung lagi mau dibuat menjadi daging yang mereka terima," tandas Lukman.

(dik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up