JawaPos Radar

Puluhan Rumah Pemulung Ludes Terbakar

23/08/2018, 16:01 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Rumah Terbakar
Kebakaran yang melanda rumah semi permanen yang dihuni pemulung di Jalan Sukolilo Lor gang Makam, Surabaya, Kamis (23/8). (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Kebakaran melanda rumah semi permanen di Jalan Sukolilo Lor gang Makam, Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya, Kamis (23/8). Rumah-rumah tersebut dihuni para pemulung.

Dari data yang dihimpun JawaPos.com, api pertama kali muncul sekitar pukul 11.20 WIB. Sembilan unit PMK dikerahkan untuk memadamkan api. Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.

Camat Bulak Suprayitno menjelaskan, kebakaran diduga karena ada seorang penghuni yang lupa mematikan kompor saat memasak. "Pas masak ditinggal. Tiba-tiba asap mengepul dari salah satu rumah," jelas Suprayitno.

Rumah Terbakar
Kebakaran yang melanda rumah semi permanen yang dihuni pemulung di Jalan Sukolilo Lor gang Makam, Surabaya, Kamis (23/8). (Istimewa)

Api kemudian cepat membesar lantaran embusan angin yang kencang. Dengan cepat, kebakaran menjalar ke beberapa rumah lain dan kandang kambing.

Suprayitno melanjutkan, tanah yang ditempati para pemulung tersebut merupakan milik TNI AL. Total ada sepuluh bangunan yang ludes terbakar. Rumah-rumah tersebut dihuni lima orang kepala keluarga.

"Mereka ini punya rumah di tempat lain. Di sini kan dijadikan tempat penampungan hasil memulung. Lima orang sedang kami data di kantor kelurahan Kenjeran," lanjutnya.

Kabid Operasional Dinas PMK Kota Surabaya Bambang Vistadi menambahkan, luas keseluruhan rumah yang terbakar mencapai 20x40 meter. Kebakaran berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB. "Api juga merambat mengenai alang-alang yang ada di sekitar bangunan bedak," jelas Bambang.

Satu orang dilaporkan menderita luka bakar ringan. Korban diketahui atas nama Imron, 31. Dia menderita luka bakar 3 persen di bagian tangan.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up