JawaPos Radar

Gempa 5,5 SR di Lampung Tidak Berpotensi Tsunami

23/08/2018, 14:01 WIB | Editor: Kuswandi
Seismograf
Ilustrasi: Seismograf (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Gempa bumi berkekuatan 5,5 skala richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Lampung Barat sekitar pukul 10.44 WIB, tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,55 LS dan 103,45 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 159 km arah selatan Kota Liwa, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung pada kedalaman 44 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," kata Kasubbid Informasi BMKG, Harry Tirto dalam keterangannya, Kamis (23/8).

Menurut Harry, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Liwa Lampung Barat II SIG-BMKG (III-IV MMI), Lampung Barat dan Kota Agung Lampung Selatan I-II SIG-BMKG (II - III MMI), Krui pesisir barat I SIG-MKG (II MMI).

Hingga pukul 11.04 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan
adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

(rdw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up