JawaPos Radar

Asian Games, Retno Bangga dengan Korut dan Korsel

23/08/2018, 11:46 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Retno Marsudi
ASIAN GAMES: Menlu Retno LP Marsudi saat ditemui di UGM, Kamis (23/8). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Keikutsertaan Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korut) di Asian Games 2018 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Kedua negara serumpun itu mampu mempererat hubungan di multieven olahraga terakbar tingkat Asia.

"Itu sesuatu yang membanggakan bagi kami. Asian Games menjadi perekat persahabatan bagi mereka (Korut dan Korsel)," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi usai menjadi pembicara dalam acara Kongres Pancasila X di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Kamis (23/8).

Sikap persahabatan dari kedua negara terlihat pada beberapa momen saat Asian Games. Seperti saat berlaga, terdapat 3 cabang olahraga (cabor) yang disatukan dalam sebuah tim. Ketiga cabor itu di antaranya basket, kano, dan dayung.

Kemudian pada saat defile (parade) upacara pembukaan, para atlet kedua negara tampil menjadi satu. Begitu pula dengan petinggi kedua negara yang juga bergandengan tangan. "Saat defile, Perdana Menteri Korea Selatan dan (Wakil Perdana Menteri) Korea Utara berdiri. Bergandengan tangan berdua," ucap Retno.

Retno menambahkan, itu merupakan suatu bentuk posisi Indonesia yang selalu konsisten bahwa semenanjung Korea harus damai dan stabil. "Serta bebas dari senjata nuklir. Dari waktu ke waktu, kami selalu konsisten menyampaikan hal tersebut," katanya.

Begitu pula ketika menjadi tuan rumah Asian Games. Tak hanya sebagai perhelatan olahraga saja, namun juga untuk mewujudkan lingkungan yang baik antara Korut dan Korsel.

"Kami juga sudah bertekad. Selain sebagai perhelatan olahraga, kami ingin memberikan suatu improvement lingkungan yang baik dan itu sudah terwujud," pungkas Retno.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up