JawaPos Radar

Asian Games Diharapkan Jadi Energi Baru Palestina

23/08/2018, 14:08 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Retno Marsudi
ASIAN GAMES: Menlu Retno Marsudi dalam Kongres Pancasila X di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis (23/8). (Dok. Humas UGM)
Share this

JawaPos.com - Palestina diharapkan mampu memanfaatkan Asian Games 2018. Tak sekadar memburu medali, Palentina harus bisa memanfaatkan momen olahraga terakbar di Asia untuk memperjuangkan persatuan negaranya.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. "Dengan mereka tampil di Asian Games, menjadi energi baru yang dapat digunakan untuk memperjuangkan Palestina," kata Retno usai menjadi pembicara dalam Kongres Pancasila X di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Kamis (23/8).

Retno memaparkan, Palestina mengalami perjalanan yang panjang. Banyak tintangan dalam memperjuangkan persatuan. Melalui berbagai forum, Indonesia pun secara konsisten membela negara Timur Tengah tersebut. "Forum yang akan kami gunakan banyak sekali untuk membela Palestina," tukasnya.

Termasuk dalam Asian Games 2018 yang memberikan platform bagi Palestina untuk memperkokoh persatuannya. Energi baru bagi persatuan Palestina terlihat dengan kontingen berasal dari Tepi Barat. Termasuk Gaza serta Diaspora Palestina. "Nah, dengan penggabungan ini menumbuhkan rasa persatuan. Rasa itu penting untuk perdamaian dan perjuangan mereka," tutur Retno.

Pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Palestina mengirimkan 80 atlet. Mereka berlaga di 14 cabang olahraga (cabor).

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up