APBD Perubahan Kabupaten Malang Capai Rp 4 Triliun

23/08/2018, 20:51 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Ilustrasi, APBD Perubahan Kabupaten Malang mencapai Rp 4 triliun (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - APBD Perubahan Kabupaten Malang 2018 nilainya mencapai Rp 4 triliun. Jika dibandingkan APBD induk, ada selisih sekitar Rp 400 miliar. Pasalnya, jumlah sebelumnya adalah Rp 3,6 triliun.

Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko menjelaskan, sebagian besar tambahan tersebut berasal dari dana alokasi khusus (DAK). Baik dari provinsi maupun pemerintah pusat.

Penambahan ini terjadi karena penetapan APBD 2018 sudah digodok pada November 2017. Saat APBD 2018 ditetapkan, mereka belum tahu berapa DAK bantuan Pemprov maupun pusat yang dialokasikan untuk Kabupaten Malang.

Penyerapan tambahan anggaran tersebut, masih kata Hari, mayoritas digunakan untuk dibidang pekerjaan umum. Dari aspek serapan, hingga awal Agustus lalu presentase anggaran yang diserap dari alokasi belanja langsung sudah hampir mencapai 50 persen.

"Mayoritas untuk pembangunan," kata Hari, Kamis (23/8). Sedangkan untuk sisa lebih pembayaran anggaran (Silpa) tahun 2018 Hari memperkirakan jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahun 2017 lalu. Yakni berkisar pada angka Rp 200 miliar.

"Bukan karena tidak terlaksananya kegiatan, melainkan karena bertambahnya pendapatan serta adanya efisiensi penggunaan anggaran," kata politisi PDIP itu.

Dia optimis kelebihan anggaran bisa terserap dalam kegiatan pemerintah sampai akhir tahun anggaran 2018 mendatang. "Jika tidak bisa terserap tahun ini tetap akan kami salurkan tahun depan karena program kegiatannya sudah ada," tandas Hari.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi