JawaPos Radar

Baca Nih! Modus Pembobol ATM Raup Uang Nasabah Ratusan Juta Rupiah

23/08/2017, 12:57 WIB | Editor: Mochamad Nur
Baca Nih! Modus Pembobol ATM Raup Uang Nasabah Ratusan Juta Rupiah
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Setelah diburu sekian lama, Polisi akhirnya berhasil meringkus dua spesialis pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang telah meresahkan nasabah bank di Jambi . Hasil penyidikan, keduanya sudah meraup uang korban senilai ratusan juta rupiah. 

Kapolsek Kotabaru, AKP Hendra Manurung mengungkapkan bahwa kedua pelaku merupakan sindikat pembobol ATM yang bergerak lintas kota. Pengakuan sementara kedua pelaku, mereka telah beroperasi lima kali di Kota Jambi dalam hitungan hari.

"Uang yang berhasil diambil pelaku mencapai ratusan juta rupiah. Korban terakhir aja Rp22 juta," ujar AKP Hendra Manurung seperti dikutip Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Rabu (23/8).

Baca Nih! Modus Pembobol ATM Raup Uang Nasabah Ratusan Juta Rupiah
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

Hasil penyidikan, kata Dia, kedua tersangka Jamal Bin Alias (42) dan Rindang Sedayu Bin Cik Wi (34) warga Sumatera Selatan, merupakan sindikat pembobol ATM antar provinsi.

"Jaringannya ada di Jakarta kalau yang ini. Sebelumnya pernah kita ungkap juga, jaringan di Kota Jambi," jelasnya.

Hendra membeberkan modus kedua pelaku dalam beraksi. Rindang berperan mengantarkan Jamal ke lokasi ATM yang menjadi target. Selanjutnya, stiker call center di ATM tersebut dilepas dan dipasang dengan yang mereka buat sendiri.

Selanjutnya, mesin ATM diganjal menggunakan alat yang sudah mereka buat sendiri. Jadi, saat korban mau menarik uang, ATM tidak bisa keluar. Saat itu Jamal berpura-pura membantu dan mengarahkan korban menghubungi call centre yang sudah dipasangnya.

"Korban menghubungi nomor itu. Yang mengangkat telepon seorang perempuan di Jakarta," jelasnya.

Perempuan yang masih diburu itu, meminta PIN kartu ATM korban. Sebelum sambungan telepon dimatikan, perempuan itu memerintahkan korban untuk menuju Bank terdekat untuk mengambil ATM.

"Saat itu, si perempuan menghubungi Jamal memberikan pin kartu ATM korban. Kemudian, isi ATM dikuras," jelasnya.

Saat pengembangan, sambungnya, kedua tersangka sempat hendak melarikan diri. Diberikan tembakan peringatan tapi tidak dihiraukan. Akhirnya dilumpuhkan.

(nas/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up