alexametrics

Serap Banyak Tenaga Kerja, Ciptakan Sentra Ekonomi Baru di Papua

23 Juli 2021, 22:37:49 WIB

JawaPos.com – Sejak memulai aktivitas ekonomi pada 1998, Tunas Sawa Erma (TSE) Group berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan Papua. Tekad tersebut dijalankan hingga saat ini, ketika dua daerah operasional TSE Group, Merauke dan Boven Digoel, sudah dipandang sebagai sentra ekonomi baru bagi Papua.

Kontribusi pembangunan untuk menciptakan pusat ekonomi di Papua dilakukan TSE Group melalui berbagai upaya seperti penyerapan tenaga kerja. Tercatat, hingga akhir tahun 2020 sebanyak 11.322 orang bekerja di TSE Group, termasuk di antaranya orang asli Papua (OAP).

Dampak lain dari keberadaan TSE Group adalah kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Setidaknya 40 persen dari PAD Kabupaten Merauke dan Kabupaten Boven Digoel merupakan sumbangan dari TSE Group.

Pertumbuhan sentra ekonomi Papua tidak terlepas dari pembangunan infrastruktur yang kerap diinisiasi TSE Group. Direktur TSE Group Luwy Leunufna menyebutkan, salah satu fokus utama perusahaan saat mulai beroperasi di Papua adalah akses transportasi darat, baik untuk lalu lintas orang maupun barang.

“Dulu, kita harus bermalam untuk tiba di Asiki dari Jayapura. Sekarang, kurang dari lima jam kita sudah sampai,” tuturnya.

Hubungan antara industri kelapa sawit dengan penciptaan sentra ekonomi baru yang kuat juga disampaikan Direktur Eksekutif Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute (PASPI) Tungkot Sipayung. Menurut paparannya dalam webinar pada akhir Maret, Tungkot menyebutkan, terdapat 10 provinsi yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru seiring dengan berkembangnya industri sawit dan termasuk di dalam daftar adalah Papua.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Saksikan video menarik berikut ini: