JawaPos Radar

Penumpang KRL Sudah Tidak Lagi Gunakan Tiket Kertas

23/07/2018, 19:18 WIB | Editor: Ilham Safutra
Penumpang KRL Sudah Tidak Lagi Gunakan Tiket Kertas
Penumpang KRL tidak lagi menggunakan tiket kertas pada Senin (23/7) sore. (Ismail Pohan/Indopos)
Share this image

JawaPos.com - Setelah sempat menggunakan tiket kertas untuk melakukan perjalanan, kini penumpang kereta rel listrik (KRL) sudah bisa memakai kartu multi trip (KMT) dan kartu untuk perjalanan. Tiket itu sudah berlangsung di 79 stasiun KRL.

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wiwik Widayanti menerangkan, 79 stasiun KRL sudah dapat kembali melayani transaksi tiket elektronik. Baik itu KMT, kartu uang elektronik dari bank, dan Tiket Harian Berjaminan (THB).

"Kondisi sore di stasiun, 79 stasiun semua sudah bisa menerima kartu multitrip. THB maupun kartu bank itu sudah bisa. Jadi tidak menggunakan tiket kertas lagi, sudah tidak berlaku," ujarnya di kantor PT KCI, Jakarta Pusat, Senin (23/7).

Penumpang KRL Sudah Tidak Lagi Gunakan Tiket Kertas
Tiket kertas yang sempat digunakan PT KCI untuk melayani penumpang KRL sudah tidak berlaku lagi (Reyn Gloria/JawaPos.com)

Wiwik menjelaskan proses pemeliharaan dan pembaharuan sistem e-ticketing yang berlangsung dari Sabtu (21/7) lalu dan ditargetkan selesai pada Minggu (22/7), namun berakhir molor.

"Kenapa Sabtu? Jumlah orang yang menggunakan KRL lebih sedikit dibanding hari kerja, diharapkan selesai minggu tapi ternyata perlu ada yang diperbaiki lagi ada sistem yang eror, maka ada deployed fasilitas tiketing," paparnya.

Bahkan, Wiwik mengaku penyesuaian sistem baru ini membutuhkan proses yang cukup lama. Pembaharuan dan pemeliharaan sistem itu pun harus dilakukan sebagai upaya peningkatan keandalan dan mendukung sistem moda integrasi.

"Melalui pembaruan ini PT KCI berharap sistem e-ticketing dapat lebih andal dalam melayani pengguna jasa yang jumlahnya terus bertambah. Selanjutnya, KMT juga diprogramkan untuk dapat mendukung interaksi antarmoda transportasi publik," pungkasnya.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up