alexametrics

Eks Napi Korupsi Jadi Bacaleg Hanura Jatim

23 Juli 2018, 15:34:50 WIB

JawaPos.com – Mantan Ketua DPRD Surabaya Wisnu Wardhana akan meramaikan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Eks narapidana korupsi itu terdaftar sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) Partai Hanura untuk DPRD Jawa Timur (Jatim). Mantan politikus Partai Demokrat itu mendapat nomor urut 1, dan akan maju di daerah pemilihan (dapil) yang meliputi Kabupaten/Kota Pasuruan dan Probolinggo.

Ketua DPD Partai Hanura Jatim Kelana Aprilianto membenarkan bahwa Wisnu Wardhana masuk dalam daftar bacaleg. Namun, dia enggan menjelaskan lebih jelas mengenai pencalegan Wisnu. “Iya, daftar caleg,” kata Kelana kepada JawaPos.com melalui sambungan telepon, Senin (23/7).

Pada April 2017, majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya menjatuhkan vonis kepada Wisnu Wardhana. Yakni, 3 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan penjara. Wisnu terjerat kasus korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha yang merupakan BUMD Jatim.

Terpisah, Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto menyampaikan bahwa total ada 1.670 bacaleg yang mendaftar. Tiga bacaleg di antaranya terindikasi pernah melakukan pidana korupsi.

Meski enggan menyebut tiga nama itu, Arbayanto memastikan jka memang terbukti dan ada keputusan inkracht dari pengadilan maka ketiga Bacaleg akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). “Sampai saat ini ada tiga nama bacaleg yang terindikasi terlibat pidana korupsi,” kata Arbayanto di Kantor KPU Jatim, Surabaya, Senin (23/7).

Dengan temuan awal tersebut, KPU Jatim akan melakukan konfirmasi ke parpol yang bersangkutan. Langkah itu dilakukan untuk mengumpulkan bukti sebelum memutuskan kandidat TMS.

“Kami bersama mengetahui ada beberapa nama di masa lalu diberitakan melakukan pidana korupsi. Maka itu menjadi bukti awal untuk diklarifikasi. Sejauh ini masih ada tiga nama,” pungkasnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mkd/JPC)



Close Ads
Eks Napi Korupsi Jadi Bacaleg Hanura Jatim