alexametrics

Wisata Jeep Merapi Dihentikan, Asosiasi: Kami Rakyat Ambil Sikap

23 Juni 2018, 15:47:12 WIB

JawaPos.com – Imbauan Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) yang meminta penghentian aktivitas wisata Jeep Lava Tour Merapi langsung disikapi para diriver. Mulai Sabtu-Senin (23-25/6) disepakati tidak ada aktivitas untuk mengangkut wisatawan.

Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) wilayah barat, Dardiri mengatakan, penghentian wisata Jeep tersebut merupakan bentuk kesepakatan yang diambil pada Jumat (22/6) lalu. Bersama 29 komunitas Jeep yang ada, baik di wilayah barat maupun timur. Jumlah secara keseluruhan tak kurang dari 800 armada.

“Imbauan dari Sultan kemarin, yang bilang kan Raja. Kami sebagai rakyat mengambil sikap. Supaya sementara berhenti dulu, baik itu yang layak maupun tidak,” katanya saat ditemui di basecamp komunitas Kalegan Jowo (KLG), Hargobinangun, Pakem, Sabtu (23/6).

Jeep Lava Tour Merapi
Sementara waktu wisata Jeep Lava Tour Merapi dihentikan. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Kesepakatan ini memang banyak merugikan pihaknya. Terlebih booking-an wisatawan pada hari tersebut harus dibatalkan. Namun itu sudah menjadi konsekuensi.

Dikatakan pula, pemberhentian operasional sementara juga dimaksudkan agar para pemilik Jeep untuk memperbaiki armadanya. Agar tak terulang kembali kejadian berupa kecelakaan yang menyebabkan wisatawan meninggal.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Sulton Fathoni menambahkan, terkait penghentian operasional Jeep itu merupakan inisiatif dari asosiasi. “Mungkin itu kesepakatan dari asosiasi, kami tidak pernah memerintahkan,” katanya.

Terkait pemeriksaan Jeep yang tak laik jalan, petugas pun masih terus melakukannya. Sejauh ini sudah ada 6 kendaraan yang ditilang dan 7 disegel atau dikandangkan. “Senin (25/6) baru kami rapatkan untuk teknisnya bagaimana,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads
Wisata Jeep Merapi Dihentikan, Asosiasi: Kami Rakyat Ambil Sikap