alexametrics

Polemik Tumpukan Sampah, Pemkab Cirebon Tutup TPPS Bima

23 Juni 2018, 11:43:51 WIB

JawaPos.com – Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) yang berada di lokasi perbatasan antara Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon menuai polemik. Pemkot dan Pemkab Cirebon saling lempar tanggung jawab pengelolaan.

TPSS yang berada di Desa Kalikoa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon itu berada dekat dengan kawasan GOR Bima, Kota Cirebon.

Meski berada di wilayah hukum Kabupaten Cirebon, muatan sampah seberat 600 ton atau 1.200 meter kubik itu dihasilkan dari kontribusi pembuangan warga sekitar komplek GOR Bima, Kota Cirebon.

Meski menuai polemik, Plt Bupati Cirebon Selly A Gantina tidak mau ambil pusing. Dirinya langsung berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon untuk menerjunkan satu unit ekskavator dan truk sampah untuk mengangkut 600 ton sampah dari TPPS Bima.

Bupati pun langsung membuat kebijakan untuk segera menutup TPSS Bima yang berada di lokasi perbatasan Kota Kabupaten Cirebon.

“Muatan sampah 600 ton di TPSS Bima ini, kami tutup, setelah semua sampah kami angkut ke tempat penyimpanan akhir di Gunung Santri,” ujarnya usai meninjau lokasi lokasi TPPS Bima, Jumat (22/6).

Setelah TPSS Bima, Pemerintah Kabupaten Cirebon pun sudah menyediakan TPSS bagi Warga Desa Kalikoa yang lokasinya lebih jauh dari perbatasan. Langkah itu dilakukan agar menghindari penumpukan sampah TPPS yang dihasilkan dari warga Kota Cirebon.

“Kami sudah mempunyai TPSS yang lokasinya tidak jauh dari warga Desa Kalikoa, sehingga masyarakat bisa membuang sampah di TPS yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (wiw/JPC)



Close Ads
Polemik Tumpukan Sampah, Pemkab Cirebon Tutup TPPS Bima