alexametrics

Pidato HUT DKI, Anies Singgung Kitab Negarakertagama Empu Prapanca

23 Juni 2018, 14:26:56 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri rapat paripurna dalam rangka hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-491. Rapat itu digelar bersama anggota DPRD DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (22/6).

Dalam pidatonya, Anies menyebut Jakarta adalah kota milik seluruh masyarakat sehingga semangat gotong-royong harus kembali dihidupkan demi membangun ibu kota.

“Kami pun berharap, sinergi dengan Pemerintah Pusat terus diperkuat, bersama membangun ibu kota yang modern dan menjadi kebanggan di dunia. Jakarta yang adil, maju, dan sejahtera,” ujar Anies dari balik mimbar.

Dia memastikan, pemerintah dan warga kini dapat berinteraksi dengan baik untuk memecahkan berbagai masalah.

Hal itu, kata Anies, seperti yang disebutkan dalam Kitab Negarakertagama milik Empu Prapanca ketika Sri Nata Wengker berkata lantang di hadapan para pembesar dan para wedana.

Di dalam kitab tersebut terdapat pesan untuk memperhatikan tanah rakyat supaya tidak jatuh pada tangan lawan. Negarakertagama juga berpesan agar pemimpin bisa menjadikan kota atau kampung yang dipimpinnya sejahtera.

“Cintailah rakyatmu dan berusahalah memajukan kampungmu! Jembatan, jalan, bangunan, pepohonan, dan tempat peribadatan supaya dibina. Perhatikan tanah rakyat. Perhatikan tanah rakyat, jangan sampai jatuh ke tangan petani besar. Agar penduduk jangan sampai terusir dan harus mengungsi ke wilayah tetangga. Tepati segala peraturan untuk membuat kampung bertambah sejahtera,” kata Anies menirukan bunyi kitab.

Untuk mewujudkannya, diperlukan dukungan dari komunitas, pakar, akademisi, dan warga jelas dibutuhkan. Namun, yang menjadi sangat penting adalah solidnya pemerintah, yang dalam konstitusi disebutkan meliputi lembaga wakil rakyat, dan juga lembaga keamanan, serta penegak hukum.

“Kami telah bertekad dalam memimpin Jakarta akan menyelesaikan berbagai permasalahan dengan menghormati dan melibatkan berbagai lembaga pemerintahan yang ada. Lembaga-lembaga pemerintahan di provinsi Jakarta ini seharusnya saling menjadi penguat dan penyeimbang,” tutur dia.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/yes/JPC)

Pidato HUT DKI, Anies Singgung Kitab Negarakertagama Empu Prapanca