JawaPos Radar | Iklan Jitu

Merapi Batuk Lagi, Sebaran Abu Mengarah ke Magelang

23 Mei 2018, 07:45:29 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Letusan Freatik Merapi
ILUSTRASI Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitas berupa erupsi freatik, Rabu (23/5) sekira pukul 03.31 WIB. (dok. BNPB)
Share this

JawaPos.com - Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitas berupa erupsi freatik, Rabu (23/5) sekira pukul 03.31 WIB. Erupsi freatik terjadi selama lebih kurang empat menit dengan ketinggian mencapai 2.000 meter. Arah abu vulkanik mengarah ke barat daya atau Kabupaten Magelang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang yang terdampak erupsi freatik Merapi meliputi 17 wilayah. Di antaranya, Keningar, Sumber, Ngargomulyo, Ngadipuro, Wates, Kalibening, Dukun, Kota Mungkid. Selain itu, juga di wilayah Muntilan, Sawangan, Pabelan, Tempuran, Candimulyo.

"Ketep, Blabak, Kalinegoro, dan Salaman juga ikut terdampak abu erupsi freatik ini," ungkap pria yang akrab disapa Pak Topo, Rabu (23/5).

Meski begitu, Topo menambahkan, untuk status Gunung Merapi tidak mengalami peningkatan dan masih pada status Waspada. Untuk itu, Topo mengimbau kepada seluruh warga yang wilayahnya masuk sebagai wilayah terdampak untuk tetap tenang dan tidak panik. Meski begitu, juga harus tetap waspada dalam setiap melakukan aktivitas.

"Juga gunakan masker dan kacamata untuk antisipasi jika akan melakukan aktivitas di luar ruangan," ungkapnya.

Tidak hanya itu, warga juga diminta untuk terus ikut memantau setiap perkembangan Gunung Merapi melalui berbagai sumber yang terpercaya. Seperti dari BPPTKG, BMKG, BNPB, dan juga bisa dari BPBD setempat.

Lebih lanjut, jalur pendakian atau aktivitas pendakian juga sudah ditutup oleh Taman Nasional Gunung Merapi. "Masyarakat kita minta tidak mudah percaya dengan setiap berita yang berkembang. Terutama berita yang belum tentu kebenarannya, terlebih ikut menyebarluaskan berita tersebut yang justru akan membuat keresahan," pungkasnya.

(apl/dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Gunung Merapi Erupsi, Solo Hujan Abu Tipis 23 Mei 2018, 07:45:29 WIB
Sehari, Merapi Sudah Dua Kali Erupsi 23 Mei 2018, 07:45:29 WIB
Merapi Semburkan Abu Setinggi 700 Meter 23 Mei 2018, 07:45:29 WIB
Bertahan di Tengah Letusan Gunung Merapi 23 Mei 2018, 07:45:29 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up