alexametrics

Pasca Serangan Separatis, Aroanop Masih Dikawal Pasukan TNI

23 April 2018, 23:32:34 WIB

JawaPos.com – Pasca diserang Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), Kampung Aroanop Distrik Tembagapura, Kabupapten Mimika, Papua kini dijaga ketat aparat TNI. Bahkan sejumlah guru yang sempat disandera sudah berhasil dievakuasi semua. Kendati demikian pasukan TNI masih terus melakukan patroli di sekitar kampung tersebut.

“Anggota kami ada di sana masih berjaga-jaga melaksanakan patroli di seputar Aroanop komplek. Semua itu dalam rangka pengamanan kampung dari KKSB. Pengamanan itu untuk mengansitasipasi KKSB akan mendekat lagi suatu ketika,” kata Dansatgas Operasi Pembebasan Perkampungan dari KKSB, Kolonel Inf Frits Pelamonia di area Helipad Penerbad AD, seperti dikutip Radar Timika (Jawa Pos Group), Senin (23/4).

Diketahui, pasukan TNI berhasil menguasai Kampung Aroanop sejak Kamis (19/4) lalu. Tepatnya sekitar pukul 05.30 WIT. Kini kondisinya dalam keadaan aman dan terkendali. Pasukan TNI terus berjaga-jaga di sekitar kampung dan melakukan patroli secata rutin ke enam dusun di wilayah itu.

separatis, KKSB, Papua, Guru disandera, Guru diperkosa
Pasukan TNI mengavuasi guru yang disandera para anggota kelompok separatis. (KRISTOFORUS DUTEREM/RADAR TIMIKA/Jawa Pos Group)

Lebih jauh Frits Pelamonia menjelaskan, kini aktivitas masyarakat di beberapa dusun-dusun Kampung Aroanop sudah berjalan seperti biasanya. Pasukan TNI pun tetap mengamankan wilayah itu, mengantisipasi adanya serangan dari separatis.

“Saat evakuasi pertama kami sudah mengatakan kepada mereka (masyarakat) bahwa kampung ini sudah aman. Sudah diduduki dan dikuasai oleh TNI, sehingga aktivitas kehidupan masyarakat bisa berjalan seperti biasa,” katanya.

Dalam kasus ini pasukan tidak melakukan serangan represif. Hanya mengamankan kampung Aroanop. Tidak melakukan pengejaran terhadap kelompok separatis ke atas bukit atau hutan.

Frits Pelamonia Distrik Tembagapura tidak lagi menjadi sasaran serangan separatis. Apalagi sampai melakukan aksi teror, kekerasan, dan tindakan asusila. “Mudah-mudahan tidak ada lagi yang melakukan hal yang sama,” tandasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (iil/jpg/JPC)



Close Ads
Pasca Serangan Separatis, Aroanop Masih Dikawal Pasukan TNI