alexametrics

Wakil Rakyat Diminta Perjuangkan 3 Hal

23 Maret 2019, 22:25:52 WIB

JawaPos.com – Pengamat Politik Asal Universitas Sumatera Utara Dadang Darmawan Pasaribu mengatakan, ada tiga poin penting yang harus diperjuangkan para legislator di parlemen. Adalah pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Semua elemen itu sebenarnya termaktub dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Tujuan Indonesia adalah menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Duduk di parlemen tentunya sudah menjadi tugas untuk mewujudkan itu. Semua caleg harusnya punya visi yang sama melihat keluhan bangsa,” kata Dadang, Sabtu (23/3).

Pendidikan adalah hal yang sangat penting. Jika masyarakat punya pendidikan, maka martabat bangsa bisa lebih terangkat. Namun calon senator asal Sumut itu menilai bahwa pendidikan yang paling penting adalah moral.

“Karena jika hanya cerdas tapi tak bermoral, maka kecerdasannya tidak akan dipakai untuk membantu yang lain. Pendidikan moral menjadi benteng seseorang dalam bersikap,” tukasnya.

Kedua, kesehatan. Senada dengan pendidikan, kesehatan juga tidak hanya meliputi pendidikan jasmani. Melainkan menyangkut pula kesehatan mental. Jika pendidikan moral menjadi pengetahuan akan baik dan salahnya bertindak, maka kesehatan mental merupakan aktualisasi dalam mengontrol tindakan.

“Banyak kami lihat orang yang korupsi misalnya, fisiknya sehat-sehat. Tapi kenapa dia korupsi? Itu karena mentalnya terganggung,” ungkap Dadang yang juga mantan akademisi Fisip Universitas Sumut tersebut.

Terakhir, menyangkut upaya menyejahterakan masyarakat. Menjadi senator merupakan perpanjangan tangan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Keberhasilan anggota senator bisa dilihat dari seberapa banyak keluhan masyarakat yang dapat ditindaklanjutinya.

Jangan sampai tiga poin itu hanya menjadi janji politik saja. Para caleg kerap melupakan janjinya jika sudah duduk di parlemen. “Harus ada upaya nyata untuk mendorong pemerintah agar memperhatikan masyarakat. Karenanya, masyarakat harus memilih para wakilnya berdasarkan apa yang ditawarkan. Bukan justru karena iming-iming seperti uang dan sembako saat kampanye,” tuturnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Prayugo Utomo



Close Ads
Wakil Rakyat Diminta Perjuangkan 3 Hal