alexametrics

Usulan MRT Gratis, Taufik: Kami Punya Banyak Duit Kok

23 Maret 2019, 15:55:12 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menyatakan bahwa tarif Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta akan dihitung per stasiun dan per kilometer. Namun, Wakil ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik tegas menyatakan tidak setuju.

Taufik melihat bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta bisa memberikan subsidi untuk tiket MRT, bahkan hingga gratis. Melihat APBD DKI yang saat ini menembus angka Rp 89 triliun.

“Kami mau kaji dulu APBD-nya. Kalau kami punya duit seharusnya tinggal hitung berapa sih kebutuhannya. Kalau perlu masyarakat dikasih gratis saja,” ucap Taufik saat dikonfirmasi, Sabtu (23/3).

Usulan MRT Gratis, Taufik: Kami Punya Banyak Duit Kok
MRT Jakarta tengah dilakukan uji coba publik (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sebenarnya, Taufik melihat bukan hal yang tidak mungkin jika tarif MRT Jakarta digratiskan. Sebab, saat ini Pemprov DKI saja telah mampu memberikan subsidi untuk tiket Transjakarta sebesar 80 persen.

“Noh, lihat Transjakarta saja sudah 80 persen kami subsidi, sisa 20 persen lagi. Ah kecil itu, kami punya banyak duit kok. Ya belum dihitung saja. Kalau APBD Rp 100 triliun buat apa duitnya? Bisa gratis kok,” ungkap Taufik.

Terlebih, usulan dari Komisi B menggratiskan MRT adalah gagasan milik partainya yang sudah disampaikan dari dulu. Namun, ia memang melihat fakta tidak ada fasilitas gratis di Jakarta.

“Coba sekarang apa yang pemda kasih gratis ke masyarakat? Enggak ada. Padahal itu kan memang tanggung jawab pemerintah,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Usulan MRT Gratis, Taufik: Kami Punya Banyak Duit Kok