alexametrics

Sapa Pendukung di Jogja, Jokowi Lemparkan Jaket

23 Maret 2019, 16:02:32 WIB

JawaPos.com – Sebuah momen tercipta saat Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyapa para pendukungnya di Stadion Kridosono, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Sabtu (23/3). Saat berpidato, Jokowi tiba-tiba melepas jaket hitam yang dikenakannya. Karena cuaca memang cukup panas.

Saat melepas Jaket, Jokowi dihampiri pengawal dan hendak membawakan jaketnya. Namun Jokowi hanya tersenyum dan menolaknya. Selepas memberikan pidato, Jokowi sempat akan melemparkan jaket yang ditentengnya ke kerumunan pendukung. Tapi yang dilakukan beberapa kali itu hanya bercanda saja. Hingga akhirnya, Jokowi benar-benar melempar jaket ke kerumunan massa dan disambut dengan teriakan histeris.

Pada kesempatan ini, Jokowi sempat menceritakan pengalamannya di Jogjakarta. “Saya dididik dan ditempa di Jogja. Kalau ada yang bertanya Sagan, saya tahu. Kalau ada yang tanya mengenai Jalan Kaliurang, saya juga tahu. Mengenai Pogung, saya tahu. Kalau ada yang tanya nonton Sekaten, saya sering,” kata Jokowi disambut dengan sahutan nama-nama beberapa daerah di Jogja oleh pendukungnya.

Jokowi
KAMPANYE: Capres nomor urut 01 Jokowi saat melepas jaket dan melemparnya ke kerumunan massa di Stadion Kridosono Jogjakarta, Sabtu (23/3). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Seperti diketahui, Jokowi mengenyam pendidikan tingginya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, jurusan Teknologi Kayu Fakultas Kehutanan angkatan 1980. “Jogja adalah tempat saya dididik dan ditempa,” tegas Jokowi.

Jokowi juga menyebut Jogja merupakan miniatur Indonesia. Negara yang besar dengan 269 juta penduduknya. Dengan jumlah tersebut, Indonesia dianugerahi dengan banyak perbedaan. Mulai dari suku, agama, adat, tradisi, budaya, hingga bahasa daerah. “Semuanya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, semuanya ada di Jogja,” ucap Jokowi.

Sejak tiba di Stadion Kridosono, mantan wali kota Solo itu memang sudah disambut hangat pendukungnya. Ia juga tak ragu menyalami para pendukung dan tanpa adanya jarak ketika saat akan naik ke panggung utama.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Sapa Pendukung di Jogja, Jokowi Lemparkan Jaket