alexametrics

Perusahaan di Batam Akan Rekrut Ribuan Pekerja Usai Pemilu

23 Maret 2019, 11:07:43 WIB

JawaPos.com – Gerak positif sektor industri di Kota Batam mulai terlihat. Salah satu tandanya adalah gelombang penerimaan tenaga kerja yang mulai banyak dilakukan perusahaan. Demikian pula dengan investasi yang bergerak baik sejak akhir 2018.

Yang paling menyita perhatian adalah rencana perusahaan perakit komponen smartphone asal Taiwan, Pegatron Corporation membangun pabrik di kawasan industri Batamindo, Batam. Sebelumnya, Pegatron juga sudah menjalin kerja sama dengan PT Sat Nusapersada untuk proses produksi produknya di Batam.

Kabar terbaru datang dari Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Kadisnaker) Kota Batam Rudi Sakyakirti. Menurutnya, kabar baik akan menyapa masyarakat Batam. Khususnya mereka yang sampai saat ini masih mencari pekerjaan. Ada beberapa perusahaan yang berencana merekrut tenaga kerja dalam jumlah cukup signifikan.

Namun, Rudi belum mendapat informasi lengkap soal itu. Tapi yang jelas rekrutmen akan dilakukan seletah pelaksanaan Pemilu 2019. “Itu baru rencana. Kami harapkan bisa segera terlaksana. Ini bagus buat kami,” kata Rudi di Batam, Sabtu (23/3).

Rudi juga belum tahu perusahaan mana saja yang akan membuka lowongan kerja. Tetapi estimasi jumlah yang dibutuhkan berada di angka lebih dari 1.000 pekerja. Kuota tersebut cukup baik untuk mengurangi angka pengangguran di Batam.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Riau (Kepri), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kepri pada Agustus 2018 mencapai 7,12 persen. Ini menjadikan Kepri berada di urutan keempat di bawah Banten dengan angka TPT 8,52 persen, Jawa Barat 8,17 persen, Maluku 7,27 persen.

Pemerintah terus mendorong perkembangan sektor industri yang memang menjadi pendukung utama pertumbuhan ekonomi di Batam dan kepri. Dengan membaiknya industri, maka akan berpengaruh pada perkembangan Batam.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Bobi Bani

Perusahaan di Batam Akan Rekrut Ribuan Pekerja Usai Pemilu