alexametrics

Disindir Leonardo DiCaprio Soal Bantar Gebang, Anies: Itu Fakta

23 Maret 2019, 06:25:47 WIB

JawaPos.com – Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio menyoroti kerusakan lingkungan di sekitar Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. Hal itu pun mendapat tanggapan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kendati demikian, Anies terlihat santai menanggapi hal itu. Ia menyatakan tumpukan sampah di Bantar Gebang bukanlah hal baru. Anies melihat penilaian Leonardo hal aneh karena TPST Bantar Gebang memang biasa dijadikan penampungan sampah sejak dulu.

“Memang iya menumpuk, itu barang yang semua orang tahu, tidak akan ditemukan barang yang baru,” tegas Anies di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (22/3).

Anies melihat bahwa penumpukan sampah ini malah berbuah inovasi canggih. Seperti, tempat pengelolaan sampah atau intermediate treatment facility (ITF) di Jakarta.

“Itu fakta yang dari dulu kita tahu. Lalu apa yang kita lakukan sekarang? Sekarang membangun ITF, sudah bangun satu nih dalam proses, Insya Allah akan bangun 3-4 lagi,” tegasnya.

Sebelumnya lewat Instagram pribadi, Leonardo DiCaprio menyoroti keadaan Bantar Gebang. Dia memperlihatkan keadaan alam sekitar akibat pembuangan limbah sampah itu. Dia bahkan memposting ulang foto dari akun @everydayclimatechange yang berisi sama.

“Beberapa pria, dari desa Cikiwul, menangkap ikan di perairan berlumpur yang sangat tercemar yang merembes dari zona pembuangan terbesar Bantar Gebang. TPA Bantar Gebang menerima limbah sekitar 15 juta orang yang tinggal di Jakarta. Pemulung membutuhkan sampah untuk mencari nafkah dan masyarakat Indonesia membutuhkan pemulung untuk mendaur ulang semua bahan yang mungkin akan dibuang begitu saja,” tulisnya.

“Indonesia, berada di peringkat pencemar plastik terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok, dengan laporan menunjukkan bahwa negara itu menghasilkan 187,2 juta ton sampah plastik setiap tahun yang lebih dari 1 juta ton bocor ke laut,” sambungnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Reyn Gloria

Copy Editor :

Disindir Leonardo DiCaprio Soal Bantar Gebang, Anies: Itu Fakta