alexametrics

1.358 JCH di Sulsel Lunasi BPIH

23 Maret 2019, 16:20:01 WIB

JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) resmi membuka pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sejak Selasa (19/3) lalu. Di Sulawesi Selatan (Sulsel), setidaknya ada 1.358 Jamaah Calon Haji (JCH) yang melunasi BPIH. Pelunasan tahap pertama akan berlangsung hingga 15 April 2019.

“Semoga sampai batas akhir jadwal pelunasan tahap pertama ini, seluruh JCH sudah melakukan pelunasan BPIH,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sulsel Anwar Abubakar, Sabtu (23/3).

Pada musim haji 2019, Sulsel mendapatkan kuota 7.296 JCH. Artinya masih ada sekitar 6.000 JCH yang belum melunasi BPIH. Para JCH bisa melunasi BPIH melalui sejumlah bank. Mulai dari Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat Indonesia, dan Bank Mega Muamalat.

Pelunasan dibuka setiap hari mulai pukul 9.00 WITA hingga 16.00 WITA. Tahun ini, JCH tidak hanya bisa membayar BPIH secara tunai melalui teller bank. Pembayaran juga bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas lain. Seperti via ATM, Internet Banking hingga M Banking.

“Inovasi pelunasan BPIH nonteller sangat membantu jamaah yang mengalami kesulitan dalam proses pembayaran. Misalkan terkendala waktu maupun jarak,” terang Anwar.

Sebagai upaya untuk menindaklajuti perkembangan, Anwar bersama jajarannya mengunjungi BRI Syariah di Jalan AP Pettarani Makassar, Jumat (22/3). Ia memantau langsung proses pelunasan BPIH. Pihak bank penerima setoran haji, diharapkan bisa memaksimalkan pelayanan kepada JCH serta memudahkan segala urusannya.

Pelunasan biaya haji dibuka setelah terbitnya Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2019 tentang BPIH Haji Reguler, Kamis (14/3). Sebelumnya besaran biaya haji tahun ini disepakati bersama Kemenag dan DPR RI.

JCH Embarkasi Makassar termasuk Sulsel, pada tahun ini dikenai BPIH senilai Rp 39.207.741. Jumlah itu turun Rp 300 ribu dari BPIH 2018 sebesar Rp 39.507.741.

Anwar menegaskan, informasi seputar BPIH sudah disosialisasikan melalui jajaran Kemenag hingga ke level terkecil di daerah. “Sehingga para JCH yang sudah masuk dalam kuota keberangkatan tahun ini, bisa segera mengetahui dan mempersiapkan diri melunasi kewajibannya,” terangnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

1.358 JCH di Sulsel Lunasi BPIH