JawaPos Radar

Jaga Marwah Presiden, 1.720 Aparat Kawal Kunjungan Jokowi

23/03/2017, 03:35 WIB | Editor: Ilham Safutra
Jaga Marwah Presiden, 1.720 Aparat Kawal Kunjungan Jokowi
Pasukan TNI Polri siap siaga saat mengikuti apel gelar pasukan pengaman Presiden di Dataran Engku Putri Batamcenter, Rabu (22/3) (Cecep Mulyana/Batam Pos/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Demi menjaga marwah simbol negara, sebanyak 1.720 personel gabungan TNI/Polri melakukan pengawalan ketat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan ke Batam, Kepulauan Riau (Kepri), hari ini, Kamis (23/3).

"Ini personel gabungan. Nanti akan ada penebalan dari Polda Kepri juga," kata Panglima Komando Operasi (Kodam) Bukit Barisan, Mayjend TNI Cucu Somantri, usai apel akbar tim gabungan  di Engkuputri Batam, Rabu (22/3).

Cucu Somantri meminta kepada seluruh personel untuk melakukan pengamanan sepenuh hati dengan memperhatikan serta mengerti tupoksi dan tugas masing-masing.

Seluruh pasukan tidak boleh menganggap pengamanan presiden sebagai tugas biasa, walaupun sudah dilakukan seringkali. "Presiden adalah simbol negara dan kewibawaan negara, harus dijaga marwahnya," ucapnya.

Selain kesiapan aparat, dia meminta masyarakat Batam juga turut serta menjaga kondusifitas selama kunjungan presiden, karena kunjungan Jokowi akan membawa manfaat. "Presiden orang tua, kedatangannya bermanfaat, belum tentu semua daerah bisa dikunjungi seperti Batam ini," ucap Somantri.

Hal senada juga diungkapkan Kapolda Irjen Sam Budigusdian. Dia  mengatakan segala bentuk ancaman akan jadi perhatian selama presiden Jokowi di Batam. "Segala bentuk ancaman kita antisipasi, terorisme, bom hingga ancaman sabotase, juga unjuk rasa," ucapnya.

Dia mengungkapkan selama kunjugan presiden, pihaknya tak mengeluarkan izin unjuk rasa. Dia menegaskan, segala sesuatu yang menghalangi kegiatan kepala negara adalah melanggar hukum dan akan ditindak sesuai dengar prosedur hukum  yang berlaku. "Belum ada juga (ajuan izin unjuk rasa), kalau ada spontan pasti kami tindak," ucapnya. (cr13/iil/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up