alexametrics

Tim BPBD Jogjakarta Bantu 244 Pemakaman Prosedur Covid-19

23 Februari 2021, 12:05:12 WIB

JawaPos.com–Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Jogjakarta hingga saat ini mencatat sudah melakukan 244 pemakaman dengan prosedur Covid-19. Jumlah itu sejak mendapat mandat untuk melakukan tugas tersebut pada 26 Agustus 2020.

”Pemakaman dengan prosedur Covid-19 ini dilakukan berdasar rekomendasi dari rumah sakit. Proses pemakaman pun dilakukan secara khusus untuk meminimalisasi potensi penularan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogjakarta Nur Hidayat seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta, Selasa (23/2).

Pemakaman dengan prosedur Covid-19 tidak hanya berlaku untuk pasien terkonfirmasi positif yang meninggal dunia, tetapi juga pasien yang dirawat di rumah sakit dengan diagnosa mengalami infeksi saluran pernafasan akut, pneumonia, dan penyakit saluran pernafasan lain. Pemakaman tersebut dilakukan karena biasanya pasien dengan gejala penyakit saluran pernafasan akan menjalani uji usap dan terkadang hasil uji usap belum keluar, tetapi pasien sudah meninggal dunia.

”Karena kondisi tersebut, rumah sakit pun merekomendasikan pemakaman dengan prosedur Covid-19,” ujar Nur Hidayat.

Menurut dia, proses pemakaman dengan prosedur Covid-19 tidak selalu berjalan dengan lancar. Sebab, terkadang masih ada penolakan dari warga di sekitar lokasi pemakaman dan tim harus memindahkan jenazah ke lokasi pemakaman lain.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara




Close Ads