alexametrics

Usai Kebakaran Hutan di Riau, Sumbar Intens Pantau Titik Api

23 Februari 2019, 18:40:56 WIB

JawaPos.com- Sebagai daerah tetangga, kebakaran lahan yang melanda Provinsi Riau cukup mengkhawatirkan Sumatera Barat (Sumbar). Kondisi ini mengharuskan Dinas Kehutanan lebih gencar memantau titik api atau hot spot.

“Kami rutin melakukan pemantauan titik api di daerah rawan kebakaran. Seperti di Pasaman, Pasaman Barat, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Tanah Datar serta Limapuluh Kota,” kata Kepala Dinas Kehutanan Sumbar Yozarwardi, Sabtu (23/2).

Menurut Yozarwardi, pemantaun titik api menggunakan Sipongi. Itu merupakan sebuah aplikasi pendeteksi dini kebakaran hutan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dinas Kehutanan Sumbar.

Meski demikian hingga saat ini, pihaknya belum menerima informasi maupun adanya tanda-tanda kebakaran lahan hutan di Sumbar.

“Tapi kami tetap mengimbau masyarakat mewaspadai titik api kebakaran hutan dan lahan. Terutama di kawasan yang selama ini rentan kebakaran,” katanya.

Selain pendeteksi dini kebakaran, pihaknya juga memiliki Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Namanya brigade (pasukan pemadam api) dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Dengan begitu, jika terjadi kebakaran, unit tersebut langsung bergerak untuk melakukan pemahaman dan cepat memberi laporan.

“Mereka sangat membantu pemerintah jika tiba-tiba kebakaran terjadi,” bebernya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor :

Usai Kebakaran Hutan di Riau, Sumbar Intens Pantau Titik Api