alexametrics

Diduga Lakukan Pungli, Kepsek SMPN 2 Bandung Terancam Dicopot

23 Februari 2019, 17:56:40 WIB

JawaPos.com – Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Bandung, Agus Deni Syaeful diperiksa oleh tim Satgas Saber Pungli pada Senin (18/2) lalu. Dia diduga melakukan pungutan liar (pungli) untuk pembangunan taman sekolah, jika terbukti akan terancam dicopot.

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, sudah memanggil Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Bandung Hikmat Ginanjar untuk menjelaskan. Juga berkoordinasi dengan Inspektorat, namun hingga saat ini belum ada laporan detail.

Mang Oded sapaannya menambahkan jika memang Kepsek SMPN 2 Bandung terbukti melakukan pungli maka akan diberi sanksi tegas. Namun tetap sesuai dengan undang-undang dan pelanggaran yang dilakukan.

“Kami lihat dulu seperti apa pelanggarannya. Kami tentu akan berikan sanksi sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” kata Oded di Pendopo, Bandung, Sabtu (23/2).

Disinggung soal sanksi pencopotan, secara tegas hal itu bisa terjadi kepada siapa pun yang melanggar. “Mungkin saja (diganti) kami lihat saya mau dapat laporan dulu dari dinas terkait,” ucapnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, bahwa Kepsek ini melakukan maladministrasi, terkait meminta sumbangan terhadap orang tua murid. Sumbangan itu diduga untuk pembangunan taman sekolah.

Pesannya selaku orang nomor satu di Kota Kembang, bahwa ketika menjadi pemimpin setingkat apapun, terlebih kepala sekolah yang mengelola anak didik harus amanah dan tahu etika.

“Saya sering sampaikan ada unsur logika dan etika, nah ini kami kadang-kadang soal logika dianggap benar baik tapi etikanya khawatir ada fitnah dan segala macam perlu dihitung juga,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Siti Fatonah



Close Ads
Diduga Lakukan Pungli, Kepsek SMPN 2 Bandung Terancam Dicopot