alexametrics

2 WNI Disandera Abu Sayyaf, Pemerintah Upayakan Pembebasan

23 Februari 2019, 11:06:31 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Indonesia berupaya membebaskan dua warga disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf di Filipina. Adalah Hariadin dan Heri Ardiasyah. Mereka merupakan warga Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Kedua Warga Negara Indonesia (WNI) itu ditangkap kelompok Abu Sayyaf saat menangkap ikan di Perairan Sandakan, Sabah, Malaysia, pada 5 Desember 2018. Mereka berlayar bersama seorang Warga Negara Malaysia

“Sekali lagi, upaya pembebasan bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi yang paling penting adalah pemerintah terus berusaha,” ungkap Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dalam kunjungannya di Makassar, Sabtu (23/2).

Hingga kini, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terus melalukan upaya-upaya pendampingan. Di ataranya lewat jalur diplomasi dengan otoritas pemerintah Malaysia dan Filipina. Jalur itu secara teknis merupakan rangkaian dari langkah pemerintah untuk memberikan penanganan pembebasan kedua WNI.

“Perlindungan WNI merupakan salah satu prioritas politik luar negeri Indonesia. Kami melakukan kontak dengan otoritas-otoritas. Yang paling basic adalah kontak dengan otoritas di Filipina. Kami juga melakukan komunikasi dengan pemilik kapal. Karena pemilik kapal adalah WN Malaysia dan sebagainya,” terang Retno.

Begitu pula dengan jalur-jalur identifikasi dan komunikasi dengan intelejen Indonesia dan dua negara tetangga itu. Di sisi lain, pemerintah melakukan pendampingan terhadap keluarga korban yang menggantungkan hararapan agar keduanya bisa dibebaskan. “Keluarga juga sudah kami hubungi dan selalu kami update seiring dengan upaya yang dilakukan,” imbuh Retno.

Dua WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf diketahui setelah beredarnya video di media sosial. Di dalam video tersebut memperlihatkan dua lelaki yang diduga kuat WNI, tampak tidak berdaya ditodong dengan senjata tajam jenis golok.

Keduanya tidak mengenakan pakaian dan mata ditutupi dengan kain hitam. Di sekeliling dua pria itu tampak sejumlah orang bertopeng yang membawa senjata. Mereka di duga kelompok teroris pimpinan Abu Sayyaf di Filipina.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan


Close Ads
2 WNI Disandera Abu Sayyaf, Pemerintah Upayakan Pembebasan