alexametrics

Usai Aldira Chena, Tiga Artis akan Dipanggil Terkait Prostitusi Online

23 Januari 2019, 20:07:01 WIB

JawaPos.com- Polisi masih terus menyidik kasus prostitusi online yang melibatkan 4 mucikari, 2 DPO, dan 145 artis serta model. Saat ini mereka masih berupaya menggali keterangan para tersangka dan memeriksa jejak digital alat komunikasi yang disita.

Korps Bhayangkara juga kembali melayangkan pemanggilan kepada para artis yang diduga terjerumus dalam lingkaran prostitus tersebut. Setelah Aldira Chena, polisi bakal memanggil ML, TP, dan DF. Berturut-turut ketiganya akan dipanggil pada Selasa dan Rabu pekan depan.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan, pemanggilan sempat tertunda. Sebab, pihaknya mendapat perbedaan antara nama panggung dengan nama asli artis yang dimaksud.

“Setelah kami kirim, diperbaiki lagi. Jadi kami kirim ulang surat panggilannya. Tapi  kami akan layangkan surat panggilan kedua bagi artis yang namanya sudah pasti (nama asli),” jelas Luki, Rabu (23/1).

Luki mengatakan, pihaknya masih mendalami keterangan semua saksi dan tersangka. Ada juga beberapa ahli ITE, UU Pidana, dan hukum yang dimintai pendapat terkait kasus itu.

Jenderal bintang dua itu menyatakan, ada penemuan unsur hukum baru pada kasus prostitusi online itu. Oleh sebab itu semua saksi juga punya potensi yang sama untuk dinaikkan statusnya menjadi tersangka.

“Kalau kasus itu dapat dibuktikan akan baik. Sebab, kami melihat bahwa kasus tersebut adalah jaringan protitusi yang cukup besar,” tambah Luki.

Sementara itu Dirreskrimum Polda Jawa Timur Kombespol Akhmad Yusep Gunawan menerangkan, hasil penyidikan ditemukan 20 ribu gambar para artis dan model. Para artis dan model itu merupakan koleksi Endang Suhartini. Sebanyak seribu diantaranya berupa video.

Ada sejumlah sumber gambar yang dimiliki Endang. Antara lain gambar miliknya sendiri, kiriman dari orang tak dikenal, dan screenshot dari media sosial.

Termasuk data gambar dan video yang menampilkan Vanessa Angel. Yusep mengatakan, itulah data pentunjuk yang muncul pada proses penyidikan hingga kini.

“Dari keterangan Endang dan para mucikari lainnya, semua data itu sudah merupakan jaringan (protitusi online). Para mucikari tidak akan memunculkan gambar atau nama, jika memang tidak terkait,” kata Yusep

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Usai Aldira Chena, Tiga Artis akan Dipanggil Terkait Prostitusi Online