alexametrics

Pasutri Cetak dan Edarkan Upal di Belawan

23 Januari 2019, 18:30:43 WIB

JawaPos.com – Aksi pengedar uang palsu berhasil diungkap oleh personel Polres Pelabuhan Belawan. Dari tangan para pelaku, diamankan barang bukti 28 lembar pecahan uang Rp 100 ribu.

Dalam penangkapan yang dilakukan, Senin (21/1) tersebut, polisi meringkus dua dari tiga tersangka. Mereka adalah AH dan RAT yang merupakan warga Jalan Jawa, Gang V, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan.

Sedangkan pelaku lainnya yang tengah diburu berinisial ZUL. Dia merupakan suami dari RAT. “Suami tersangka RAT masih kita kejar,” ujar Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis, Rabu (23/1).

AKBP Ikhwan Lubis mengungkapkan, penangkapan terhadap para pelaku berawal saat petugas mendapatkan informasi dari masyarakat tentang maraknya peredaran uang palsu. Lantas petugas melakukan penyelidikan.

Berbekal informasi yang cukup, polisi meringkus tersangka RAT. Dari kediamannya, petugas berhasil menyita barang bukti 18 lembar uang kertas palsu pecahan Rp 100 ribu sudah terpotong; 11 lembar uang kertas palsu pecahan Rp 100 ribu belum dipotong; 1 buah pisau cutter; 1 buah penggaris terbuat dari besi; 1 buah list tengah uang palsu; 1 buah setrika warna biru; dan 1 buah keramik warna biru muda.

Setelah menciduk RAT, petugas melakukan pengembangan. Polisi kemudian menciduk AH. Dia diringkus di Blok I, Lingkungan V, Lorong IV, Kelurahan Pulau Sicanang, Kecamatan Medan Belawan pada Senin (21/1).

“Tersangka AH mendapat upal dari RAT dan ZUL. Dia menggadaikan sepeda motornya untuk mendapatkan upal,” jelasnya.

Uang palsu yang didapatnya, kemudian dipakai untuk judi jackpot. Pemilik jackpot tahu uang yang dipakai tersangka adalah palsu. Kemudian dia melapor ke polisi.

Setelah petugas menindaklanjuti laporan itu, kemudian mengamankan tersangka AH dengan berang bukti sebanyak 28 lembar upal pecahan Rp 100 ribu.

“Semua uang palsu itu kita amankan dan petugas melakukan penyelidikan dan pengembangan untuk pelaku yang buron,” pungkasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : prayugo utomo

Pasutri Cetak dan Edarkan Upal di Belawan