alexametrics

Miris! Ada Sekolah Berdinding Papan, Berlantai Tanah, Beratap Daun (2)

23 Januari 2019, 05:30:43 WIB

JawaPos.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang, Lindra Azmar mengaku sudah mengetahui kondisi SDN 45 Tatai tersebut. Ia menjelaskan, sekolah itu dulunya dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Agar anak-anak setempat tidak jauh untuk menempuh pendidikan.

“Dulunya SD kelas jauh. Pertengahan tahun 2018 lalu diubah statusnya menjadi SDN atas permintaan masyarakat,” katanya, dikutip dari Rakyat Kalbar (Jawa Pos Group), Rabu (23/1).

Dia menambahkan, ada satu lokal yang dibangun pemerintah di sekolah tersebut. Lantaran sudah menjadi SDN, maka akan dimasukkan dalam Rencana Kerja (Renja).

Namun, pada 2019 belum dianggarkan untuk perbaikan atau bangun baru. Nanti akan diupayakan dalam APBD Perubahan.

“Tapi yang jelas, pembangunannya akan masuk dalam salah satu Renja, karena ini PR bagi kami. Saya juga sudah sampaikan ini dengan Pak Bupati,” terangnya.

Apakah bisa mengunakan dana pemerintah pusat? Lindra mengatakan, untuk pembangunan baru tidak bisa menggunakan dana pusat. Misalnya Dana Alokasi Khusus (DAK), hanya diperbolehkan untuk rehabilitasi.

“Untuk penambahan ruang kelas baru itu semuanya tergantung dengan APBD,” jelasnya.

Mengenai adanya kepedulian dari komunitas atau pihak lain, Lindra menyampaikan ucapan terima kasih. Mengingat tanggung jawab pendidikan, kata dia, tidak terlepas dari peran banyak pihak.

Sementara itu, Ketua Komisi C DPRD Sintang, Herimaturida mengatakan, pihaknya telah mendorong pemerintah agar memproritaskan pembangunan SDN 45 Tatai. Bahkan pihaknya sudah terus-terusan menyampaikan agar dibangun sesuai standar yang layak.

“Supaya proses belajar-mengajar siswa lebih nyaman,” ujarnya.

Menurutnya, upaya memperbaiki sekolah rusak bisa menggunakan kebijakan pemerintah atau melalui jalur politik. Terutama melalui dewan yang ada di Dapil Ketungau, dia berharap sekolah yang memprihatinkan ini menjadi lebih baik.

“Atap daun minimal diganti seng, atau dinding papan menjadi semen,” harap Herimaturida.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Jpg



Close Ads
Miris! Ada Sekolah Berdinding Papan, Berlantai Tanah, Beratap Daun (2)