Selasa, 16 April 2024

Jembatan Siak IV Rampung, Uji Beban Digelar Pada Awal Februari

- Rabu, 23 Januari 2019 | 18:55 WIB
Jembatan Siak IV Pekanbaru, Riau.
Jembatan Siak IV Pekanbaru, Riau.

JawaPos.com - Pengerjaan jembatan Siak IV yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Ujung sudah rampung. Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Senapelan dengan Kecamatan Rumbai itu akan segera diuji coba.


Safety and Health Environment Quality (Sheq) Manager PT Brantas, Abipraya Rengky mengatakan, setelah tahap finishing jembatan itu selesai, maka akan segera dilakukan uji beban.


"Selanjutnya ada uji beban dan ketahanan jembatan yang rencananya dilakukan tanggal 8-10 Februari. Dan kemungkinan, bulan Maret baru bisa dilewati," kata Abipraya, Rabu (23/1).


Ia melanjutkan, pada Jumat (25/1) mendatang, akan ada koordinasi antara pihaknya dengan Kementerian PUPR melalui Direktur Jembatan untuk mempersiapkan uji beban di tanggal 8-10 Februari.


"Jadi Jumat nanti kami akan koordinasi dengan PUPR untuk kesiapan uji beban. Untuk mengetahui apakah jembatan ini layak dilalui atau tidak," tuturnya.


Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah memberikan perpanjangan waktu agar kontraktor pembangunan jembatan ini dapat menyelesaikan tugasnya dalam 50 hari. Itu terhitung, sejak 22 Desember 2018 lalu.


"Jadi sudah dua puluh delapan hari (kerja dari penambahan waktu yang diberikan). Sehingga finishing seperti pengerjaan trotoar, pemasangan kabel dan pagar tinggal dua puluh dua hari lagi," jelasnya.


Untuk saat ini, pengerjaan Jembatan Siak IV sedang dalam tahap pengecoran segmen MS 0. Yaitu pengecoran penyambungan jembatan. "Rencananya, Jumat 25 Januari ini akan kita lakukan pengecoran MS 0. Segmen MS 0, yaitu pengecoran penyambungan jembatan ini supaya tersambung secara keseluruhan. Yang akan dicor lagi adalah selebar dua puluh koma lima kali tiga meter," sebutnya.


Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau, Kordias Pasaribu yang berkunjung ke jembatan Siak IV telah memastikan bahwa, jembatan sudah tersambung dan pihak kontraktor telah menepati janjinya. Maka sesuai janji yang pernah dilontarkannya, beberapa anggota legislatif akan mentraktir warga sekitar dan pekerja proyek.


"Sesuai kesepakatan kita pada penghujung 2018 lalu, kita sepakati dan komitmen bahwa di jembatan ini akan selesai pada 22 Januari. Ini adalah kemenangan rakyat Pekanbaru dan Riau. Oleh karena ini, sesuai janji kami, kami akan mentraktir masyarakat sekitar dan pekerja proyek," pungkasnya.

Editor: Budi Warsito

Tags

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Terkini