alexametrics
Total, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Baru

Dirut PT NKE Resmi Tersangka Amblesnya Jalan Raya Gubeng

23 Januari 2019, 18:49:55 WIB

JawaPos.com – Polda Jatim resmi menetapkan tiga tersangka baru terkait amblesnya Jalan Raya Gubeng. Ketiga tersangka masing-masing berinisial BS, selaku Dirut PT Nusantara Konstruksi Engineering (NKE); LAH, Engineering Supervisor PT Saputra Karya; dan A, Site Manager PT NKE. Polisi telah melayangkan surat panggilan kepada ketiganya.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menjelaskan, mereka terbukti bertanggung jawab atas amblesnya Jalan Raya Gubeng. Para tersangka dijerat pasal 192 ayat 1 jo 55 KUHP dan pasal 63 ayat 1 UU 38 tahun 2004 tentang Jalan jo 55 KUHP.

“Patut diduga ada unsur kesengajaan atas keterlibatan mereka selama pembangunan proyek basement milik PT Saputra Karya. Tapi, masih akan kami dalami lagi,” jelas Luki, Rabu (23/1).

Dirut PT NKE Resmi Tersangka Amblesnya Jalan Raya Gubeng
Jalan Raya Gubeng saat ambles. (Dida Tenola/ JawaPos.com)

Jenderal bintang dua itu mengungkapkan beberapa fakta yang ditemukan penyidik. Pertama, proyek tersebut memang telah bermasalah sejak awal pembangunan pada 2013 lalu. Masalahnya, terkait perizinan. Pihak pemilik dan pelaksana proyek mengantongi dua IMB yang terbit pada 2015 dan 2017. Dua IMB itu memuat spesifikasi rancang bangunan yang berbeda.

Fakta kedua, terdapat masalah teknis pada proyek tersebut. Mulai dari ketidakmampuan struktur dinding penahan tanah tipe continues pile sisi timur dalam menahan akumulasi beban jalan, hingga faktor kedalaman galian.

“Lalu, ada juga faktor muka air tanah yang cukup tinggi. Itu dapat mengurangi stabilitas dinding penahan tanah. Sehingga Jalan Raya Gubeng yang di depan BNI dan toko Elizabeth mengalami longsor,” tambah Luki.

PT Etira melakukan perencanaan dan PT Testana yang menganalisis struktur bangunan dan tanahnya pada 2012 lalu. Kemudian setahun berikutnya, PT NKE yang memulai proses pengerjaan fondasi bangunan.

Pada 2017 lalu, permasalahan kembali muncul. Ditambah lagi pada 2018, banyak perbaikan bangunan di Jalan Raya Gubeng nomor 92. Ada juga komplain dan teguran soal pembuangan limbah di got dan penurunan pada bangunan toko Elizabeth.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Dirut PT NKE Resmi Tersangka Amblesnya Jalan Raya Gubeng