alexametrics

Coba Kabur, Pecatan TNI Gagal Panjat Tembok Lapas 8 Meter

23 Januari 2019, 09:42:20 WIB

JawaPos.com – Warga binaan Rutan Klas I Pakjo Palembang  mendadak heboh, Selasa (22/1). Pasalnya, salah satu narapidana kasus narkoba di Rutan tersebut mencoba kabur dengan memanjat tembok setinggi delapan meter.

Narapidana tersebut bernama Irwanto alias Iwan, 45, mantan marinir yang terlibat kasus penyelundupan narkoba sebanyak satu kilogram. Dia baru saja divonis 14 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Klas 1A Palembang.

Berdasarkan informasi, peristiwa itu terjadi pada pukul 10.10 WIB. Saat itu, waktu besuk bagi para napi. Kemudian, Iwan terlihat duduk depan kamar memandang tong sampah.

Diduga tidak tahan dengan vonis yang diterima. Tanpa berpikir panjang, Iwan pun langsung menggunakan tong tersebut untuk membantunya memanjat ke atap sudut kamar hingga akhirnya berusaha memanjat tembok setinggi delapan meter.

Aksi tersebut akhirnya diketahui warga binaan lainnya dan langsung berteriak. Mendengar teriakan tersebut, petugas langsung mengejar Iwan hingga akhirnya berhasil ditangkap kembali.

Saat dikonfirmasi, Kepala Rutan Klas 1 Pakjo Palembang, Mardan mengatakan, Iwan telah melakukan percobaan melarikan diri dari Rutan disaat jam besuk. Akibat, aksi tersebut jam besuk pun sempat dihentikan sementara hingga setelah ditangkap jam besuk pun kembali dilanjutkan.

“Dia (Iwan) baru mau kabur tapi langsung ditangkap dan kini sudah diamankan serta diperiksa,” katanya saat dihubungi, Selasa (22/1).

Menurutnya, aksi yang dilakukan Iwan ini tergolong nekat. Lantaran, berusaha memanjat tembok setinggi delapan meter. Ia menduga aksi tersebut dilakukan karena tidak tahan menjalani vonis penjara selama 14 tahun.

“Beruntung sipir langsung mengetahuinya dan aksi ini berhasil digagalkan,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil KemenkumHAM Sumsel, Sudirman D Hury menambahkan, saat menggagalkan pelarian Iwan, petugas menggunakan tangga untuk memanjat dan menggunakan tongkat hingga akhirnya Iwan pun terjatuh dan kemudian ditangkap.

Dari tangan Iwan, petugas pun berhasil mendapati satu buah pisau yang digunakannya untuk melindungi diri. “Iwan sudah kembali ditahan dan sedang dimintai keterangan oleh petugas Rutan,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Coba Kabur, Pecatan TNI Gagal Panjat Tembok Lapas 8 Meter