alexametrics
Dampak Banjir di Sulsel

37 Tiang Listrik dan 617 Trafo Mulai Diperbaiki Secara Bertahap

23 Januari 2019, 19:45:21 WIB

JawaPos.com- Hujan lebat disertai angin kencang hingga banjir bandang membuat sistem kelistrikan PLN di sebagian besar wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) bermasalah. Aliran listrik sempat dipadamkan untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan.

Tercatat sebanyak 37 tiang listrik rusak karena dampak hujan lebat. 617 trafo terpaksa dipadamkan.

“Daerah yang terdampak padam yaitu Kabupaten Maros, Pangkep, Gowa, Takalar dan Kota Makassar,” terang General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf, Rabu (23/1).

Kerusakan disebabkan banyaknya pohon tumbang yang  menimpa tiang dan trafo listrik. Selain itu, banjir juga turut merendam gardu-gardu listrik di daerah terdampak bencana.

“Sehingga petugas PLN harus mematikan pasokan listrik agar aman bagi masyarakat,” jelas Bambang.

Hingga saat ini PLN terus berupaya untuk memulihkan kembali kondisi listrik yang sebelumnya sempat dipadamkan. Proses pengerjaan saat ini mulai dilakukan, mengingat kondisi cuaca yang berangsur membaik.

“Sekarang petugas PLN di lapangan sedang menormalkan sistem dengan memperbaiki infrastruktur yang rusak, seperti tiang patah dan membersihkan jaringan yang terkena ranting,” imbuhnya.

Untuk daerah yang terdampak banjir secara bertahap dilakukan normalisasi. Sembari petugas juga menunggu surutnya genangan.

“Untuk daerah yang terdampak banjir, PLN menunggu banjir surut setelah itu petugas akan menormalkan pasokan sesegera mungkin,” lanjutnya.

Selain itu, Bambang mengimbau kepada seluruh masyarakat agar memperhatikan kondisi kelistrikan di tiap-tiap rumah. “Apabila rumah masyarakat terendam banjir diharapkan agar segera mematikan instalasi listrik dan mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak,” tutupnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan


Close Ads
37 Tiang Listrik dan 617 Trafo Mulai Diperbaiki Secara Bertahap