alexametrics

Ridwan Kamil Masak Jengkol Resep Bung Karno di Peringatan Hari Ibu

22 Desember 2021, 16:51:43 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unjuk keahlian memasak jengkol yang diambil dari buku resep masakan gagasan Bung Karno berjudul Mustikarasa. Kegiatan itu dilaksanakan dalam Peringatan Hari Ibu ke-93 Tingkat Jawa Barat 2021 di Jalan Soekarno, Kota Bandung, Rabu (22/12).

Ridwan Kamil mempraktikkan keahliannya tersebut di atas mobil Maskara (Mobil Aspirasi Kampung Juara), ditemani Chef Seto dan sang istri Atalia Praratya. Ridwan Kamil yang memakai celemek sudah mempersiapkan jengkol dari Kabupaten Bandung Barat dan bumbu yang akan dijadikan sambal hijau khas Padang.

Di hadapan para ibu dan tamu undangan, Ridwan Kamil secara fasih menuturkan proses pembuatan masakan jengkol yang berada di halaman 774 Mustikarasa.

”Dan nanti kita masak kering jengkolnya dicampur sambal hijau khas Padang ditaburi teri. Ini jengkolnya sudah dibersihkan siap untuk digoreng. Saya grogi ada Bu Cinta (istrinya),” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara, rabu (22/12).

Ridwan Kamil menuturkan, jengkol saat ini sudah dilirik pasar internasional. Terbukti pekan lalu melepas ekspor jengkol perdana ke kawasan Uni Emirat Arab. ”Alhamdulillah kita berhasil mengekspor jengkol ke Dubai. Semoga repeat order dari Dubai ke seluruh dunia dengan prinsip mari kita jengkolkan dunia dan menduniakan jengkol,” ucap Ridwan Kamil.

Dalam resep Mustikarasa, jengkol ditaburi ikan teri. Menurut Ridwan Kamil, jengkol mirip dengan roti yang rasanya bisa makin sedap jika diberi tambahan topping.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: