alexametrics

Sinkhole Surabaya Bisa Dibawa ke Ranah Pidana

22 Desember 2018, 13:38:42 WIB

JawaPos.com – Polemik sinkhole di Jalan Raya, Surabaya, masih terus bergulir. Polisi pun terus melakukan investigasi di lokasi. Insiden tersebut dapat dibawa ke ranah pidana.

Ada banyak undang-undang (UU) yang mengatur sanksi jika ada kegagalan pada pelaksanaan proyek bangunan. Salah satunya Pasal 37 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Pakar Hukum Universitas 17 Agustus Surabaya Hufron mengatakan, semua UU menerapkan sanksi. Baik sanksi administratif maupun pidana. Sanksi administrasi kaitannya dengan adanya pelanggaran perizinan sebelum pembangunan atau pelaksanaan proyek.

Perizinan sebagai instrumen pengawasan, harus sesuai dengan situasi dan kondisi pengerjaan proyeknya. Salah satunya penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Pemkot wajib melakukan pengawasan setelah mengeluarkan IMB. “Kalau syarat-syarat dalam IMB tidak sesuai dengan ketentuan, maka pemkot dapat memberikan sanksi administrasi,” kata Hufron kepada JawaPos.com, Sabtu (22/12).

Kemudian bentuk kegagalan aktivitas konstruksi dapat masuk ke ranah pidana. Parameternya disesuaikan dengan unsur-unsur yang termuat. Termasuk parameter pelanggaran apa saja yang masuk ranah pidana pada UU lainnya. Misalnya, UU Lingkungan atau UU Dasar Jasa konstruksi.

“Kalau ambles begini apakah bisa masuk ke ranah pidana? Ya bisa saja. Parameter adalah UU masing-masing dalam bab ketentuan pidana,” jelas Hufron.

Hal senada disampaikan Dosen Hukum Pengamat hukum Universitas Muhammadiyah Surabaya Abdul Fatah. Menurutnya, pasal 47 UU 28 tahun 2002 UU Bangunan Gedung mengatur tentang pidana. Yakni termuat dalam pasal 47 huruf a, b, dan c.

Sekalipun pidananya hanya memuat sanksi penjara 1 tahun atau denda 1 persen dari nilai bangunan gedung. Namun pemilik dan pelaksana proyek juga dapat dikenakan UU lain. Yakni, UU tentang Jalan Raya. “UU tentang Jalan juga bisa menggunakan pasal terkait perbuatan yang mengakibatkan kerusakan jalan umum,” ulas Abdul.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)



Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Sinkhole Surabaya Bisa Dibawa ke Ranah Pidana