alexametrics

Setelah Ditangkap, Macan Tutul Lawu Dibawa ke Taman Satwa Taru Jurug

22 Desember 2018, 18:34:49 WIB

JawaPos.com – Seekor macan tutul yang berhasil ditangkap Sabtu (22/12) pagi di Dusun Gondang Ketel, Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) dititipkan ke Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Untuk membawa binatang buas dengan berat mencapai 30 kilogram itu, petugas harus melakukan pembiusan.

Perjalanan dari Jatiyoso sampai TSTJ memakan waktu satu jam. Dosis obat bius yang diberikan cukup rendah, sehingga sesampainya di TSTJ macan sudah bisa kembali siuman.

Dokter Hewan TSTJ, Nuraini mengungkapkan, macan tutul tersebut sudah kembali siuman saat tiba dan akan diobservasi selama satu minggu. “Tadi dibius dulu, dosisnya rendah dan saat ini macan sudah siuman. Itu menandakan kondisi macan sehat,” terangnya.

Setelah Ditangkap, Macan Tutul Lawu Dibawa ke Taman Satwa Taru Jurug
Petugas memindahkan macan tutul yang berhasil ditangkap di Jatiyoso ke TSTJ, Solo, Sabtu (22/12). (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Nuraini melanjutkan, dilihat dari kondisi tubuhnya, macan tutul yang diperkirakan berusia 2,5 tahun itu tidak mengalami luka-luka. Hanya saja, untuk memastikan kondisi tubuhnya harus perlu observasi lebih detail.

Sedangkan saat ini, macan tutul baru saja tiba di TSTJ. Sehingga, Nuraini belum bisa menjelaskan lebih jauh mengenai kondisi hewan yang masuk kategori langka dan dilindungi tersebut.

“Nanti kami lihat dulu saat dia berjalan seperti apa. Tapi kalau dari kondisi umum sehat. Tadi dibius juga tidak ada kendala. Dan waktu siumannya juga sesuai dengan prediksi kami, yakni sampai di TSTJ sudah siuman,” katanya.

Rencananya, macan tutul akan dititipkan selama satu minggu di TSTJ. Untuk tindakan selanjutnya, tergantung dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA) Wilayah I Surakarta.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (apl/JPC)

Setelah Ditangkap, Macan Tutul Lawu Dibawa ke Taman Satwa Taru Jurug