alexametrics

Rumah Dinas Gubernur Jateng Dijadikan Posko Terpadu

22 Desember 2018, 17:19:55 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mendirikan posko terpadu atau crisis center penanganan arus angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Lokasinya di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Komplek Wisma Perdamaian (Wisper), Kota Semarang.

Posko tersebut untuk meningkatkan koordinasi pantauan lapangan melalui satu pintu. Tahun lalu, posko belum terintegrasi dan masih terpisah sesuai bidang masing-masing.

“Sesuai keputusan pak gubernur itu ada tim penyelenggara koordinasi angkutan posko terpadu Lebaran Nataru. Kami melakukan posko pemantauan arus lalu lintas dan angkutan penumpang di terminal bersama-sama dengan sembilan koordinator bidang,” kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jateng Ginaryo mengatakan, Sabtu (22/12).

Kesembilan koordinator atau instansi itu antara lain membidangi lalu lintas, transportasi, bencana, keamanan dan ketertiban. Masing-masing dari mereka akan merespons keluhan atau masukan masyarakat.

“Kami memantau keluhan masyarakat. Seperti ada macet di mana, atau bencana misal longsor. Masing-masing koordinator kami tempatkan di posko induk ini,” terangnya.

Pemprov Jateng melalui dinas terkait sebenarnya juga sudah melangsungkan rapat koordinasi lintas sektoral. Di samping mendirikan posko induk yang beroperasi 24 jam nonstop dan dibuka per Jumat (21/12) kemarin.

Misalnya dengan jajaran yang terlibat dengan penyedia layanan angkutan dan bertugas di tiap-tiap terminal. “Teman-teman di kabupaten/kota sudah dikoordinasikan untuk lebih banyak melakukan ramp check di tempat-tempat wisata. Karena ini Nataru apalagi berbarengan dengan liburan sekolah. Lebih banyak orang bertamasya,” cetusnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (gul/JPC)


Close Ads
Rumah Dinas Gubernur Jateng Dijadikan Posko Terpadu