alexametrics

Macan Tutul Lawu Berhasil Ditangkap

22 Desember 2018, 09:26:01 WIB

JawaPos.com – Seekor macan tutul yang sempat meneror warga Jatiyoso dan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng), kini berhasil ditangkap. Macan tutul terperangkap jebakan yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Surakarta. Saat ini, macan tutul masih berada di perangkap dan menjadi tontonan warga.

Kapolsek Jatiyoso Iptu Subarkah membenarkan tertangkapnya macan tutul tersebut. Menurutnya, macan tutul tertangkap saat berada di Dusun Gondang Ketel, Jatiyoso, Karanganyar.

“Kami mendapatkan informasi dari warga bahwa ada seekor macan tutul yang masuk ke perangkap yang sudah dipasang sebelumnya,” ungkap Subarkah kepada JawaPos.com, Sabtu (22/12).

Warga pertama kali mengetahui ada macan tutul yang terperangkap sekitar pukul 04.00 WIB atau saat subuh. Selanjutnya, warga melaporkannya kepada perangkat desa yang diteruskan kepada pihak kepolisian.

Polisi pun langsung melakukan pengecekan mengenai kondisi macan tutul yang tertangkap. “Kalau dilihat dari kondisinya sepertinya tidak sedang kelaparan. Mengenai usianya belum bisa memastikannya. Apakah dia induk atau anaknya,” ucapnya.

Subarkah akan berkoordinasi dengan BKSDA untuk kelanjutan penanganan hewan buas tersebut. Sang macan diharapkan bisa direlokasi. “Nanti kami koordinasi dengan BKSDA agar macan tutul bisa segera direlokasi,” ujar Subarkah.

Sebelum masuk ke dalam perangkap, macan tutul turun kembali ke permukiman warga. Bahkan macan sempat naik ke atas genting milik warga. Tetapi macan belum sampai memangsa hewan ternak seperti beberapa waktu sebelumnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Macan Tutul Lawu Berhasil Ditangkap