alexametrics

Kendaraan di Tol Bawen-Salatiga Dibatasi

22 Desember 2018, 15:51:45 WIB

JawaPos.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) membatasi kendaraan yang melintas di jalur-jalur tertentu selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Terutama di Tol Bawen-Salatiga dan jalur nasional Prupuk, Tegal.

Kendaraan bermuatan berlebih dilarang melintas di jalur tersebut. Pembatasan operasional kendaraan bermuatan ini telah sesuai dengan aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebelumnya telah ditetapkan titik-titik yang berpotensi terjadi kemacetan maupun kecelakaan saat masa angkutan Nataru. “Di mana itu, di jalan tol. Adalah jalur Bawen-Salatiga, Tingkir dan untuk jalur nasional, ruas Prupuk, Tegal-Purwokerto,” terang Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub Jateng Ginaryo, Sabtu (22/12).

Ginaryo menjelaskan, kendaraan dengan muatan di atas jumlah berat yang diizinkan (JBI) yakni 14 ton atau masuk kategori 3 sumbu lebih dilarang melintas. “Dia harus keluar lewat jalur lain. Karena memang takut mengganggu kecepatan,” sambungnya.

Aturan ini berlaku mulai 21 Desember pukul 00.00 WIB hingga 22 Desember pukul 24.00 WIB. Kemudian diberlakukan lagi pada 28-29 Desember 2019, dengan pengaturan jam yang sama.

Peraturan lainnya melarang kendaraan dengan JBI di atas 8 ton untuk melintas di Flyover atau Jalan Layang Kretek, Bumiayu, Brebes. Berlaku sejak 14 Desember lalu sampai waktu yang belum ditentukan.

Staf Bidang Lalu Lintas Dishub Jateng Dedi Sri Martanto menambahkan, pembatasan mobil angkutan barang di Flyover Kretek sifatnya baru sementara. Sebab yang bisa membuat aturan permanen hanya Kemenhub. “Menunggu Peraturan Menteri Perhubungan yang mengatur tentang lalu lintas di Ruas Jalan Nasional Ajibarang-Prupuk, baru terbit RPM-nya,” ujarnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (gul/JPC)


Close Ads
Kendaraan di Tol Bawen-Salatiga Dibatasi