alexametrics

Sidang Iwan Adranacus, Saksi Ahli: Tulang Belakang Korban Remuk

22 November 2018, 20:51:38 WIB

JawaPos.com – Sidang lanjutan kasus Mercy maut dengan terdakwa Iwan Adranacus di Pengadilan Negeri (PN) Solo mengagendakan pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sedikitnya ada empat saksi yang dihadirkan dalam persidangan yang diadakan Kamis (22/11).

Diantaranya dokter ahli forensi dari RSUD dr Moewardi Solo, Dr Hari Wujuso, dr. Sp. F, MM, Drs Teguh Prihmono, MH, Bowo Nurcahyo, S.Si. M Biotech, Dan Wawan Hardiyanto selaku Service Advisor Mercy. 

Persidangan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Krosbin Lumbangaul menghadirkan saksi pertama yakni Hari Wujuso. Dalam kesaksiannya, Hari menjelaskan bahwa kematian korban, Eko Prasetio karena adanya tekanan benda tumpul yang mengakibatkan tulang kepala belakang remuk dan mengenai otak korban. 

Kondisi itulah, yang dikatakan Hari menjadi penyebab korban meninggal. “Kematian korban karena tekanan benda tumpul,” terangnya.

Mendapati keterangan dari ahli, kuasa hukum terdakwa sempat menanyakan mengenai pemeriksaan organ tubuh lain atau mengenai riwayat korban sendiri. Pertanyaan itu pun dijawab Hari dengan mengatakan bahwa kasus tersebut tidak perlu melakukan pemeriksaan lainnya. 

Mengingat, trauma tersebut sudah menjadi penyebab utama kematian korban. Sehingga, menurutnya tidak perlu pemeriksaan lainnya. “Keadaan fisik dari luka sudah bisa menjelaskan penyebab kematiannya,” urainya.

Usai mendengarkan keterangan dari ahli forensik tersebut, terdakwa Iwan Adranacus tidak memberikan tanggapan. Usai mendengarkan keterangan ahli forensik. Sidang dilanjutkan dengan keterangan dari Labfor Polri. Dan ahli mobil mercy. 

Usai persidangan, JPU, Satriawan mengungkapkan, bahwa keterangan dari para saksi sudah membuktikan mengenai penyebab kematian korban. Seperti adanya tekanan benda tumpul pada bagian tubuh korban. “Tulangnya pecah dan mengenai otak, penyebab kematiannya itu. Jadi tidak perlu mencari penyebab yang lainnya,” tegasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Sidang Iwan Adranacus, Saksi Ahli: Tulang Belakang Korban Remuk