alexametrics

Rangkul PWI, Inalum Gelar Pelatihan Jurnalistik Perangi Hoaks

22 November 2018, 21:39:23 WIB

JawaPos.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Batubara bekerjasama dengan PT Inalum (Persero) menggelar pelatihan jurnalistik bagi para awak media dan pelajar di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut). Pelatihan yang digelar di Aula Kantor Bupati Batubara, pada Rabu (21/11) itu, bertemakan ‘Mari Bersatu Perangi Hoaks’.

Alpian, Ketua PWI Kabupaten Batubara dalam arahannya mengharapkan, kegiatan pelatihan ini dapat memberi pemahaman dan pengetahuan tentang dunia jurnalistik kepada pelajar, mahasiswa, dan wartawan.

Menurutnya, pelatihan ini penting dilaksanakan sebagai wadah bagi generasi muda yang berkeinginan terjun dalam dunia jurnalistik. “Kita berharap kegiatan ini dapat memberi pemahaman kepada pelajar dan mahasiswa tentang dunia jurnalistik. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga memberi wadah bagi generasi muda yang ingin terjun dalam dunia jurnalistik,” ujarnya, Kamis (22/11).

Selain untuk berikan pemahaman, pelatihan tersebut dilakukan agar awak media semakin akurat dalam pemberitaan dan memberikan informasi kepada masyarakat. Sebab akurasi menjadi penting.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah, mengingatkan untuk menghindari berita bohong atau hoax. Sehingga kabar atau informasi yang tidak jelas sumbernya tidak disajikan untuk konsumsi umum.

Sementara itu, Direktur Produksi PT Inalum (Persero), SS Sijabat dalam arahannya menuturkan para peserta agar memanfaatkan pelatihan jurnalistik tersebut dengan sebaik baiknya. Agar mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan. Ia menyatakan, PT Inalum sangat menyokong pelatihan ini.

“Di era pembangunan saat ini sangat penting informasi dan setiap mengambil kesimpulan dibutuhkan suatu informasi. Peran wartawan sangat bermanfaat jika seorang wartawan sudah dibekali dengan ilmu jurnalistik yang mumpuni,” ujarnya. 

“Bagus kalau kita menjadi wartawan, dan dekat dengan wartawan apalagi bisa menjadi narasumber. Manfaatkan pelatihan ini sebaik baiknya,” imbuh SS Sijabat.

Bupati Batubara, RM Harry Nugroho mengapresiasi kegiatan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh PWI Batubara. Ia menekankan, peserta harus dapat memanfaatkan pelatihan ini, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di era digital seperti saat ini, masyarakat dituntut harus bijak dalam menyikapi suatu pemberitaan khususnya berita melalui media sosial. Melalui pelatihan ini, mudah-mudahan kita dapat memahami tentang dunia jurnalistik sehingga kita dapat lebih bijak dalam menyikapi setiap pemberitaan yang ada,” tandasnya.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini juga turut dihadiri Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Sumatera Utara, War Djamil selaku narasumber; Ketua Dewan Kehornatan PWI Provinsi Sumatera Utara, Sofyan Harahap sebagai pembicara; dan jajaran OPD Pemerintah Kabupaten Batubara. Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan santunan bagi keluarga PWI Batubara yang telah meninggal dunia.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (bew/JPC)


Close Ads
Rangkul PWI, Inalum Gelar Pelatihan Jurnalistik Perangi Hoaks