alexametrics

Izinkan Warga Tinggal di Bantaran Kali, Ini Kata Bestari buat Anies

22 November 2018, 18:50:24 WIB

JawaPos.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperbolehkan warga di bantaran sungai menempati kawasan tersebut. Padahal, nyatanya kawasan tersebut tidak aman lagi bagi untuk ditempati.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus melihat Anies harus menyikapi persoalan ini secara menyeluruh. Anies harus objektif dan sadar melihat lahan tersebut berbahaya untuk tetap ditinggali.

“Butuh suatu ketegasan ya, kalau untuk demi keamanan dan kenyamanan pada warga Jakarta. Tapi begini kalaupun mau dipindah ya pindah kemana wong rusunnya belum pada kelar,” ujar Bestari di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Sesuai aturan yang ada, Bestari mengakui memang tidak boleh ada bangunan di sekitar bantaran kali. Namun, Pemprov DKI masih lemah dalam penyediaan rusunawa karena sangat fokus pada hunian DP 0 Rupiah.

“Ini kan kegagalan membuat rusun yang menjadi membuat semuanya terlambat. Maka lebih seringlah Gubernur untuk mengkonsolidasikan SKPD terkait yaitu Dinas perumahan supaya kerja lebih cepat mengadakan rusun sehingga mereka bisa dipindah segera,” jelas Bestari.

“Kalau dipindah hari ini mau diletakkin gimana, jangan selalu mikirin DP 0 terus, rusunawa coba,” tegasnya.

Bestari memberikan saran kepada Anies, agar penempatan warga ke luar wilayah bantaran kali tidak disebut penggusuran, maka rusunawa harus segera dibangun. Dia menegaskan Anies tidak bisa semata-mata hanya memprioritaskan janji kampanyenya.

“Bukan gusur kok relokasi. Artinya melanggar biarlah yang penting memenuhi janji kampanye, ya nggak bisa begitu. Bukan Gubernur namanya. Fokus kepada pemberian solusi, jangan mengorbankan warga tetapi juga hukum ditegakkan,” tandasnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan, dirinya lebih memfokuskan dampak yang diterima warga akibat turap yang longsor. Bukan pada status tanah yang dihuni oleh warga.

“Nanti soal legal dan status tanah kita bicarakan kemudian. Faktanya mereka tinggal di tempat ini, dan faktanya tempat ini longsor,” kata Anies pada wartawan, Selasa (20/11).

Dirinya juga menambahkan bahwa tugasnya memastikan warga yang tinggal di permukiman tersebut aman dan terbebas dari ancaman bencana longsor. “Karena itu tugas kita, memastikan tanah di sini aman. Dan mereka bisa bermukim di situ lagi,” imbuhnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Izinkan Warga Tinggal di Bantaran Kali, Ini Kata Bestari buat Anies