alexametrics

Pilkada 2018, Kaum Santri Jangan Sampai Terpengaruh Berita Hoax

22 November 2017, 20:40:34 WIB

JawaPos.com – Setiap warga negara yang sudah mengantongi KTP memiliki hak suara di setiap pesta demokrasi. Baik pemilu legislatif (Pileg), pemilihan presiden (Pilpres) maupun Pilkada. Termasuk mereka para santri yang sedang belajar di pondok pesantren (ponpes). Kalau mereka sudah cukup umur tentu memiliki hak untuk memilih.

Nasib demokrasi ini juga ditentukan oleh arah dan persepsi dari pemilih pemula. Santri ponpes pun memiliki pengaruh penting dalam menentukan pilihannya, agar pemimpin yang diamanahkan tidak salah pilih. Untuk itu para santri harus menjaga diri dari berita hoax. Bila termakan isu hoax, maka akan berpengaruh buruk terhadap pilihan mereka nantinya.

A Suganda, Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Bandung Jabar mengatakan, para santri yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih pada Pilkada 2018 dan pemilu 2019 perlu mendapat pencerahan secara ilmu pengetahuan dan moral mengenai Pilkada, Pileg, mapun Pilpres.

“Mereka harus mendapat pemahaman secara benar agar pemilu berjalan damai, demokratis dan berkualitas, sehingga terpilih figur yang kompeten dan amanah,” ujar A Suganda dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/11).

A Suganda menyampaikan permintaan itu saat Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) bekerjasama dengan Pesantren Al Falah menggelar Tausiyah Pilkada. Tausiyah itu bertajuk “Peranan Ulama, Santri, dan Masyarakat Dalam Mendukung Pilkada Yang Damai dan Berkualitas”

Lebih jauh dikatakannya, belakangan ini masyarakat kerap dipengaruhi oleh berita hoax yang cenderung mengandung SARA. Berita seperti demikian sangat berpotensi memecah belah umat.

Dia berharap agar para tokoh agama, tokoh masyarakat, para santriwan dan santriwati beraktivitas sesuai peranannya. Membangun akhlaq, membangun nilai-nilai agama yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, menyebarluaskan nilai-nilai Islami yaitu Islam yang rahmatan lil alamin. “Sementara urusan politik diserahkan sama mereka yang membidanginya,” sebut ulama yang berdoa Pilkada 2018 di Bandung dan Jawa Barat berjalan dengan aman.

Editor : admin

Reporter : (iil/JPC)

Pilkada 2018, Kaum Santri Jangan Sampai Terpengaruh Berita Hoax