alexametrics

Galeri Sungai yang Indah Saat Malam Itu Diresmikan Januari 2018

22 November 2017, 15:27:38 WIB

JawaPos.com – Peresmian Galeri Sungai di seberang Terminal Tirtonadi, Solo, ditunda 2018. Padahal agenda peresmian galeri di Jalan A. Yani  itu dijadwalkan pada November 2017. Penundaan karena masih ada beberapa persiapan lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solo Endah Sitaresmi Suryandari menuturkan, pembangunan galeri sungai sudah rampung sepenuhnya.

”Kalau untuk pembangunannya sudah rampung 100 persen, tapi belum akan diresmikan bulan ini,” terang Sita kepada JawaPos.com, Rabu (22/11).

Sita mengungkapkan, kemungkinan peresmian dilakukan awal 2018. ”Mungkin Januari nanti peresmiannya,” kata dia. Galeri sungai merupakan kerja sama dengan beberapa instansi terkait. Selain pemkot, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dalam Galeri Sungai memvisualkan tata letak sungai dan potensi-potensi sungai. Tidak hanya di Kota Solo tetapi juga di kota lainnya. Saat ini ada beberpa pihak yang menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama. ”Nanti pengunjung dapat belajar di sana. Namun, ini bukan museum,” kata Sita.

Proyek itu menelan anggaran mencapai Rp 3,5 miliar. Proses pembangunan selama dua tahun. Untuk tahap pertamapada 2016  menelan anggaran Rp 1,5 miliar. Pada tahap kedua sampai menjelang akhir 2017 menghabiskan anggaran Rp 2 miliar.

”Nanti semua warga bisa datang dan berinteraksi di sana,” tukas Sita.
Bangunan Galeri Sungai terlihat unik. Dindingnya hampir semuanya kaca. Tetapi bukan kaca bening, melainkan kaca yang memiliki warna-warna cerah.

Galeri akan semakin terlihat indah saat malam hari. Karena perpedaran lampu dari dalam membuat galeri menjadi begitu ragam warnanya.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)

Galeri Sungai yang Indah Saat Malam Itu Diresmikan Januari 2018